META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Marpaung, Rizka Rahmadanty (2023) META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4163311054 COVER.pdf] Text
1. NIM 4163311054 COVER.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 2. NIM 4163311054 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 4163311054 APPROVAL SHEET.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of 3. NIM 4163311054 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 4163311054 ABSTRACT.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4. NIM 4163311054 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 4163311054 PREFACE.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 5. NIM 4163311054 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 4163311054 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 6. NIM 4163311054 TABLE.pdf] Text
6. NIM 4163311054 TABLE.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 7. NIM 4163311054 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 4163311054 ILLUSTRATION.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 8. NIM 4163311054 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 4163311054 APPENDICES.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 9. NIM 4163311054 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 4163311054 CHAPTER I.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 10. NIM 4163311054 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 4163311054 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[thumbnail of 11. NIM 4163311054 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 4163311054 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[thumbnail of 12. NIM 4163311054 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 4163311054 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[thumbnail of 13. NIM 4163311054 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 4163311054 CHAPTER V.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 14. NIM 4163311054 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 4163311054 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 15. NIM 4163311054 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 4163311054 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh model pemebelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Metode yang digunakan adalah meta analisis yaitu penelitian sistematik dengan cara menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Sampel penelitian ini adalah enam artikel jurnal nasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2013-2022 pada jenjang SMP, yang membahas penulisan eksperimen tentang pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi artikel jurnal yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan sepuluh artikel jurnal memiliki rata-rata nilai effect size sebesar 1,14 yang berarti tergolong kategori efek besar. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan komunikasi matematis dilihat dari segi jenjang kelas, materi pelajaran, dan daerah di Indonesia. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Meta Analisis, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis, Effect Size
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:39
Last Modified: 20 Oct 2025 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65404

Actions (login required)

View Item
View Item