Marpaung, Rizka Rahmadanty (2023) META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4163311054 COVER.pdf
Download (127kB)
2. NIM 4163311054 APPROVAL SHEET.pdf
Download (599kB)
3. NIM 4163311054 ABSTRACT.pdf
Download (149kB)
4. NIM 4163311054 PREFACE.pdf
Download (320kB)
5. NIM 4163311054 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (149kB)
6. NIM 4163311054 TABLE.pdf
Download (120kB)
7. NIM 4163311054 ILLUSTRATION.pdf
Download (120kB)
8. NIM 4163311054 APPENDICES.pdf
Download (119kB)
9. NIM 4163311054 CHAPTER I.pdf
Download (538kB)
10. NIM 4163311054 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (803kB)
11. NIM 4163311054 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (427kB)
12. NIM 4163311054 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (982kB)
13. NIM 4163311054 CHAPTER V.pdf
Download (250kB)
14. NIM 4163311054 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (202kB)
15. NIM 4163311054 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh model pemebelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Metode yang digunakan adalah meta analisis yaitu penelitian sistematik dengan cara menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Sampel penelitian ini adalah enam artikel jurnal nasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2013-2022 pada jenjang SMP, yang membahas penulisan eksperimen tentang pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi artikel jurnal yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan sepuluh artikel jurnal memiliki rata-rata nilai effect size sebesar 1,14 yang berarti tergolong kategori efek besar. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan komunikasi matematis dilihat dari segi jenjang kelas, materi pelajaran, dan daerah di Indonesia. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Meta Analisis, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis, Effect Size |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 04:39 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 04:39 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65404 |
