Zahra, Nur Izhma Adzkia (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP DHARMA PATRA SEI LEPAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181111002 COVER.pdf
Download (104kB)
2. NIM 4181111002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (444kB)
3. NIM 4181111002 ABSTRACT.pdf
Download (116kB)
4. NIM 4181111002 PREFACE.pdf
Download (219kB)
5. NIM 4181111002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (152kB)
6. NIM 4181111002 ILLUSTRATION.pdf
Download (88kB)
7. NIM 4181111002 TABLE.pdf
Download (90kB)
8. NIM 4181111002 APPENDICES.pdf
Download (117kB)
9. NIM 4181111002 CHAPTER I.pdf
Download (480kB)
10. NIM 4181111002 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 4181111002 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (540kB)
12. NIM 4181111002 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 4181111002 CHAPTER V.pdf
Download (115kB)
14. NIM 4181111002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (262kB)
15. NIM 4181111002 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik berbantuan media digital pada kelas VIII SMP Dharma Patra Sei Lepan tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Swasta Dharma Patra yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah lembar observasi guru, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan disetiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Pada tes awal secara klasikal diperoleh 3 siswa (9,38%) tuntas dan rata-rata kemampuan tes awal ialah 49,12% dengan tingkat kemampuan kategori sangat rendah. Pada tes siklus I mengalami peningkatan secara klasikal diperoleh 17 siswa (53,13%) tuntas dan rata-rata tes kemampuan diperoleh 69,01% dengan tingkat kemampuan kategori sedang. Kemudian pada tes siklus II mengalami peningkatan pula secara klasikal diperoleh 28 siswa (87,5%) tuntas dan rata-rata kemampuan diperoleh 81,05% dengan tingkat kemampuan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik berbantuan media digital dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Sei Lepan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pembelajaran Matematika Realistik, Media Digital, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 04:14 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 04:14 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65400 |
