Pengemasan Materi Pembelajaran Bernyanyi Unisono Dalam Bentuk Video Animasi Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa Sekolah Mennegah Pertama

Nainggolan, Irma Anggraini (2022) Pengemasan Materi Pembelajaran Bernyanyi Unisono Dalam Bentuk Video Animasi Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa Sekolah Mennegah Pertama. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2183142001 COVER.pdf] Text
1. NIM 2183142001 COVER.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 2. NIM 2183142001 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 2183142001 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM 2183142001 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 2183142001 ABSTRACT.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 4. NIM 2183142001 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 2183142001 PREFACE.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 5. NIM 2183142001 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
5. NIM 2183142001 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 6. NIM 2183142001 LIST OF TABLES.pdf] Text
6. NIM 2183142001 LIST OF TABLES.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 7. NIM 2183142001 LIST OF PICTURES.pdf] Text
7. NIM 2183142001 LIST OF PICTURES.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 8. NIM 2183142001 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM 2183142001 CHAPTER I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9. NIM 2183142001 CHAPTER II.pdf] Text
9. NIM 2183142001 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 10. NIM 2183142001 CHAPTER III.pdf] Text
10. NIM 2183142001 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 11. NIM 2183142001 CHAPTER IV.pdf] Text
11. NIM 2183142001 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 12. NIM 2183142001 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM 2183142001 CHAPTER V.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 13. NIM 2183142001 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM 2183142001 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (767kB)
[thumbnail of 14. NIM 2183142001 ENDCLOSURE.pdf] Text
14. NIM 2183142001 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan
tahapan-tahapan pengemasan materi pembelajaran bernyanyi unisono dalam
bentuk video animasi sebagai sumber belajar bagi siswa sekolah menengah
pertama. Landasan teoritis dalam skripsi ini dijadikan pedoman pada penelitian ini
yakni teori Tjiptono dan didukung oleh Richey and Klein yang menjelaskan
bagaimana tahap-tahap dalam membuat video animasi dengan perencanaan,
produksi, dan evaluasi yang menjadikan acuan dalam malakukan penelitian ini.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara,
dokumentasi, dan validasi ahli. Observasi yang dilakukan untuk mengidentifikasi
permasalahan yang terjadi pada satu sekolah kemudian mewawancarai hasil
sehingga mendapatkan dokumentasi video dan foto dan dilanjutkan dengan uji
kelayakan dengan validator ahli untuk menguji kelayakan pada penelitian ini.
Metode yang digunakan yakni Deskriptif Kuantitatif. Produksi penyusunan
materi bernyanyi unisono yang akan dipaparkan pada video animasi kemudian
hasil pengemasan berikut dijadikan sebagai sumber belajar dengan aplikasi yang
digunakan saat tahap produksi yakni aplikasi Powtoon, dan tahap terakhhir
mengevaluasi hasil, dilakukan dengan diuji kembali dengan kelayakan uji validasi
ahli materi dan ahli media. Dalam produk ini juga memperoleh hasil uji kelayakan
dengan skor 4,2 pada ahli media dan ahli materi dan bidang studi dimana pada
konversi skala lima dengan menggunakan acuan konversi data kumulatif pada
pendekatan acuan patokan (PAP) yang dikembangkan oleh Widoyoko bahwa >
4,2 merupakan skor “sangat baik” yang berarti materi pembelajaran benryanyi
unisono dalam bentuk video animasi sangat layak untuk dijadikan sebagai
seumber belajar bagi sisswa Sekolah Menangah Pertama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengemasan; Materi Pembelajaran; Unisono; video Animasi
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Ricky Syahrizal
Date Deposited: 21 Oct 2025 00:58
Last Modified: 21 Oct 2025 00:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65392

Actions (login required)

View Item
View Item