Saragih, Risna (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SDN 106229 KAYU BESAR TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311060 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
1104311060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
1104311060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
1104311060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1104311060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
1104311060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
1104311060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
1104311060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
1104311060 BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
1104311060 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
1104311060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penggunaan modelpembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajarmatematika dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD 106229Kayu Besar Tahun Ajaran 2011/2012 ?. Penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika denganmenggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materipenjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD Negeri 106229 KayuBesar Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan menggunakanbentuk kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas. Pengumpulan data dilakukandengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasilbelajar siswa dengan menggunakan tes hasil belajar sedangkan mengetahuiaktivitas mengajar guru digunakan observasi. Data yang terkumpul kemudiandianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kuantitatif.Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkahsetiap pembelajaran terdiri atas Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatandan Refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkannilai pretes, Siklus 1, Siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabilahasil belajar siswa meningkat, yaitu tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 65.Berdasarkan hasil penelitian dari 30 orang siswa pada saat pretes tingkatketuntasan klasikal siswa kelas IV sebanyak 3 orang siswa (10%) sedangkansebanyak 27 orang siswa belum mendapat nilai tuntas. Dengan nilai rata-rata45,67. Pada siklus I sebanyak 14 orang siswa (46,67%) mendapat nilai tuntas dansebanyak 16 orang siswa (53,33%) belum mendapat nilai tuntas. Dengan nilairata-rata 62,67. Pada siklus II sebanyak 26 orang siswa (86,67%) yang mendapatnilai tuntas sedangkan sebanyak 4 orang siswa (13,33%) belum mendapat nilaituntas dengan nilai rata-rata 78.Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Numbered HeadTogether (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaranmatematika pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SDNegeri 106229 Kayu Besar Tahun Ajaran 2011/2012. Melalui modelpembelajaran dengan Numbered Head Together baik digunakan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sar m |
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6539 |