Simamora, Fitriah Ulfa (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT MELALUI PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DI SMP IT AL-HIJRAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4183111106 COVER.pdf
Download (136kB)
2 NIM 4183111106 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (434kB)
3 NIM 4183111106 ABSTRAK.pdf
Download (282kB)
4 NIM 4183111106 KATA PENGANTAR.pdf
Download (228kB)
5 NIM 4183111106 DAFTAR ISI.pdf
Download (214kB)
6 NIM 4183111106 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (200kB)
7 NIM 4183111106 DAFTAR TABEL.pdf
Download (201kB)
8 NIM 4183111106 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (200kB)
9 NIM 4183111106 BAB I.pdf
Download (561kB)
10 NIM 4183111106 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (935kB)
11 NIM 4183111106 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (539kB)
12 NIM 4183111106 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13 NIM 4183111106 BAB V.pdf
Download (184kB)
14 NIM 4183111106 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (353kB)
15 NIM 4183111106 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada materi segiempat melalui pembelajaran Brain Based Learning di SMP IT Al-Hijrah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Al-Hijrah yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP IT Al-Hijrah meningkat setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan Brain Based Learning, (2) Peningkatan tersebut dapat terlihat dari skor hasil tes kemampuan representasi matematis siswa pada saat tes awal sampai dengan siklus II. Nilai yang diperoleh siswa pada tes awal hanya sebesar 25% siswa yang memperoleh nilai diatas KKM yaitu 65. Kemudian pada siklus I meningkat sebesar 62,5% siswa dengan siswa yang memperoleh nilai diatas KKM yaitu 10 siswa. Setelah itu dilanjutkan pada siklus II yang mengalami peningkatan sebesar 87,5% dengan siswa yang memperoleh nilai diatas KKM yaitu 14 siswa. Hasil tes akhir pada siklus II tersebut telah menacapai indikator keberhasilan tindakan yang telah ditentukan peniliti yaitu sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran brain based learning dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada materi segiempat di SMP IT Al-Hijrah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Brain Based Learning, Kemampuan Representasi Matematis, Segiempat, PTK |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 02:46 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 02:46 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65388 |
