Nurhaliza, Aziza Fauzia (2022) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SMP NEGERI 14 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 4183311029 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 4183311029 COVER.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4183311029 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4183311029 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 3. NIM 4183311029 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 4183311029 ABSTRACT.pdf
Download (222kB)
![[thumbnail of 4. NIM 4183311029 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 4183311029 PREFACE.pdf
Download (171kB)
![[thumbnail of 5. NIM 4183311029 TABLE OF CONTENT'.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 4183311029 TABLE OF CONTENT'.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 6. NIM 4183311029 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 4183311029 TABLES.pdf
Download (79kB)
![[thumbnail of 7. NIM 4183311029 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 4183311029 ILLUSTRATION.pdf
Download (76kB)
![[thumbnail of 8. NIM 4183311029 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 4183311029 APPENDICES.pdf
Download (79kB)
![[thumbnail of 9. NIM 4183311029 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 4183311029 CHAPTER I.pdf
Download (506kB)
![[thumbnail of 10. NIM 4183311029 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4183311029 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (772kB)
![[thumbnail of 11. NIM 4183311029 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4183311029 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (567kB)
![[thumbnail of 12. NIM 4183311029 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4183311029 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 13. NIM 4183311029 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4183311029 CHAPTER V.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 14. NIM 4183311029 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 4183311029 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (106kB)
![[thumbnail of 15. NIM 4183311029 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4183311029 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meminimalkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar matemtaika siswa SMP Negeri 14 Binjai pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPDLV). Penerima tindakan adalalah siswa kelas VIII 2 di SMP Negeri 14 Binjai dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada tindakan ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dilalui melalui tahapan siklus dengan dua kali putaran dimana tiap putaran terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini yaitu meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan medel pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Dari hasil data tes awal diperoleh 28 siswa (87,5%) dari 32 siswa dengan rata-rata kelas 50,29% belum tuntas belajar. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 25 siswa (78,12%) dari 32 siswa dengan rata-rata kelas 75%. Pada siklus II diperoleh 28 siswa (87,5%) mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 80,79%. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Begitu juga dengan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung pada siklus I banyaknya siswa yang memiliki persentase aktivitas ≥ 70% secara klasikal adalah 2 siswa (6,25%) dari 32 siswa dan dakhir siklus II meningkat hingga mencapai 28 siswa (87,5%). Peningkatan aktivitas secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 32%. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teams Games Tournament, Hasil belajar dan aktivitas siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 08:48 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65376 |