Hanum, Afrahul (2012) PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DAN FUNGSINYA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MIS AL MANAR TEMBUNG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1104311001 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
1104311001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
1104311001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
1104311001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
1104311001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
1104311001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
1104311001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
1104311001 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
1104311001 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
1104311001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di MIS Al Manar Tembung, jenis penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi The Power of Twosebagai sasaran utama bertujuan penerapan strategi The Power of Two untukmeningkatkan hasil belajar materi pokok bagian tubuh tumbuhan dan fungsinyapada pelajaran IPA di kelas IV MIS Al Manar Tembung T.A 2011/2012.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan StrategiThe Power of Two Untuk Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Materi PokokBagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya Pada Pelajaran IPA di Kelas IV MIS AlManar Tembung T.A 2011/2012?”. Jumlah Subjek Penelitian sebanyak 30 orangsiswa yang berasal dar i siswa kelas IV pada T.A 2011/2012, dimana kegiatandilakukan saat pembelajaran IPA berlangsung.Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulismelakukan observasi dan tes. Adapun teknik analisa data dalam penelitian iniadalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pember ian tugas dengan penggunaanstrategi The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MISAl Manar Tembung, dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajarandengan menggunakan strategi The Power of Two dapat meningkatkan hasilbelajar.Dari hasil temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil tesawal siswa masih memiliki tingkat ketuntasan belajar diatas 80% yaitu 30 orangsiswa (100%) yang belum tuntas yang memiliki tingkat ketuntasan belajaar diatas80% dan sebanyak 0 orang (0%) yang belum tuntas dalam belajar dengan rata-ratakelas 2,00, sehingga baik secara individu maupun klasikal kemampuan awal siswamasih tergolong belum tuntas dalam belajar. Pada siklus I terdapat 19 orang siswa(63%) yang belum tuntas yang memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah 80%dan sebanyak 11 orang (37%) yang telah tuntas dalam belajar dengan rata-ratakelas 50,33. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalammemahami materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya berdasarkan tingkatkeberhasilan secara klasikal masih tergolong belum berhasil. Pada siklus IIsebanyak 29 orang siswa (97%) yang telah tuntas dalam belajar dan terdapat 1orang siswa (3%) yang belum tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata kelas76,33. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalammemahami materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya telah mencapaiketuntasan dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Han p |
Keywords: | Strategi The Power of Two; Hasil Belajar; Tumbuhan; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6537 |