Ramadhani, Rezki Eka (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA MATERI KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4193131042 COVER.pdf
Download (50kB)
2. NIM 4193131042 APPROVAL SHEET.pdf
Download (497kB)
3. NIM 4193131042 ABSTRACT.pdf
Download (120kB)
4. NIM 4193131042 PREFACE.pdf
Download (360kB)
5. NIM 4193131042 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (213kB)
6. NIM 4193131042 ILLUSTRATION.pdf
Download (91kB)
7. NIM 4193131042 TABLES.pdf
Download (91kB)
8. NIM 4193131042 APPENDICES.pdf
Download (156kB)
9. NIM 4193131042 CHAPTER I.pdf
Download (298kB)
10. NIM 4193131042 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (531kB)
11. NIM 4193131042 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (510kB)
12. NIM 4193131042 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 4193131042 CHAPTER V.pdf
Download (242kB)
14. NIM 4193131042 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (243kB)
15. NIM 4193131042 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Pembelajaran abad 21 pada era society 5.0 menuntut inovasi dan pemanfaatann teknologi secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis socio scientific issues (SSI) pada materi koloid menggunakan aplikasi Flip PDF Proffesional. Modul elektronik sudah divalidasi oleh 3 orang ahli materi dan 3 orang ahli media dosen FMIPA UNIMED. Uji kepraktisan dilakukan oleh 1 orang guru kimia SMA Negeri 1 Rantau dan 2 orang guru kimia SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dan 22 peserta didik di SMA Negeri 1 Rantau. Uji efektivitas sebelum dan sesudah menggunakan modul yang dikembangkan. Jenis pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (define, design, develop,and dissiminate). Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian dan angket respon dengan skala momen kappa. Hasil penelitian kelayakan oleh validator ahli materi sebesar 0,87 dengan kategori sangat tinggi dan ahli media sebesar 0,85 dengan kategori sangat tinggi. Kepraktisan oleh guru sebesar 0,83 dengan kategori sangat tinggi dan respon peserta didik sebesar 0,83 dengan kriteria sangat tinggi. Efektivitas dengan hasil N-Gain 0,45 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran modul elektronik berbasis socio scientific issues (SSI) pada materi koloid valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Modul elektronik, socio scientific issues (SSI), momen kappa, koloid |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:53 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 02:53 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65360 |
