Tambunan, Mutiara Hani (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM . 4193131033 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM . 4193131033 COVER.pdf
Download (127kB)
![[thumbnail of 2. NIM 4193131033 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 4193131033 APPROVAL SHEET.pdf
Download (562kB)
![[thumbnail of 3. NIM 4193131033 BIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 4193131033 BIOGRAPHY.pdf
Download (123kB)
![[thumbnail of 4. NIM 4193131033 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 4193131033 ABSTRACT.pdf
Download (211kB)
![[thumbnail of 5. NIM 4193131033 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 4193131033 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 6. NIM 4193131033 TABLE OF CONTENTS.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 4193131033 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of 7. NIM 4193131033 LIST OF FIGURES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 4193131033 LIST OF FIGURES.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 8. NIM 4193131033 LIST OF TABLE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 4193131033 LIST OF TABLE.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 9. NIM 4193131033 LIST OF APPENDIX.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 4193131033 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 10. NIM 4193131033 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 4193131033 CHAPTER I.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of 11. NIM 4193131033 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 4193131033 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (837kB)
![[thumbnail of 12. NIM 4193131033 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 4193131033 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (551kB)
![[thumbnail of 13. NIM 4193131033 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 4193131033 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 14. NIM 4193131033 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 4193131033 CHAPTER V.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of 15. NIM 4193131033 BIBLIOGRAPHI.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 4193131033 BIBLIOGRAPHI.pdf
Download (309kB)
![[thumbnail of 16. NIM 4193131033 ENCLOUSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16. NIM 4193131033 ENCLOUSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan serta respon guru dan siswa terhadap lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan HOTS siswa dengan menggunakan model PBL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development), dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk angket. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian kelayakan materi dan media, angket respon guru, angket respon siswa dan analisis data menggunakan skala likert. Responden dalam penelitian ini adalah 4 dosen jurusan kimia Universitas Negeri Medan, 2 guru kimia SMA dan 10 siswa SMA Kartika 1-2 Medan.Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dinilai oleh 4 ahli yaitu dua ahli materi dan dua ahli media. Kelayakan materi diperoleh rata-rata 87,35% dengan kriteria “Sangat Layak” dan kelayakan media diperoleh rata-rata 95,85% dengan kriteria ”Sangat Layak”. Selanjutnya hasil respon guru terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) diperoleh rata-rata 95% dengan kriteria “Sangat Layak” dan hasil respon siswa diperoleh rata-rata 91,78% dengan kriteria “Baik Sekali”. Sesuai hasil penelitian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi asam basa dinyatakan layak diujicobakan dalam pembelajaran asam basa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | 4D, Problem Based Learning (PBL), LKPD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:38 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65352 |