Tambunan, Mutiara Hani (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM . 4193131033 COVER.pdf
Download (127kB)
2. NIM 4193131033 APPROVAL SHEET.pdf
Download (562kB)
3. NIM 4193131033 BIOGRAPHY.pdf
Download (123kB)
4. NIM 4193131033 ABSTRACT.pdf
Download (211kB)
5. NIM 4193131033 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (212kB)
6. NIM 4193131033 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (146kB)
7. NIM 4193131033 LIST OF FIGURES.pdf
Download (112kB)
8. NIM 4193131033 LIST OF TABLE.pdf
Download (113kB)
9. NIM 4193131033 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (113kB)
10. NIM 4193131033 CHAPTER I.pdf
Download (256kB)
11. NIM 4193131033 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (837kB)
12. NIM 4193131033 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (551kB)
13. NIM 4193131033 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
14. NIM 4193131033 CHAPTER V.pdf
Download (142kB)
15. NIM 4193131033 BIBLIOGRAPHI.pdf
Download (309kB)
16. NIM 4193131033 ENCLOUSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan serta respon guru dan siswa terhadap lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan HOTS siswa dengan menggunakan model PBL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development), dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk angket. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian kelayakan materi dan media, angket respon guru, angket respon siswa dan analisis data menggunakan skala likert. Responden dalam penelitian ini adalah 4 dosen jurusan kimia Universitas Negeri Medan, 2 guru kimia SMA dan 10 siswa SMA Kartika 1-2 Medan.Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dinilai oleh 4 ahli yaitu dua ahli materi dan dua ahli media. Kelayakan materi diperoleh rata-rata 87,35% dengan kriteria “Sangat Layak” dan kelayakan media diperoleh rata-rata 95,85% dengan kriteria ”Sangat Layak”. Selanjutnya hasil respon guru terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) diperoleh rata-rata 95% dengan kriteria “Sangat Layak” dan hasil respon siswa diperoleh rata-rata 91,78% dengan kriteria “Baik Sekali”. Sesuai hasil penelitian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi asam basa dinyatakan layak diujicobakan dalam pembelajaran asam basa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | 4D, Problem Based Learning (PBL), LKPD |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:38 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 02:38 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65352 |
