Azwar, Khairumi (2023) IMPLEMENTASI METODE READING TO LEARN (R2L) DAN PEMBUATAN RANGKUMAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HOTS-LITERACY SAINS SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4193131021 COVER.pdf
Download (125kB)
2. NIM 4193131021 APPROVAL SHEET.pdf
Download (572kB)
3. NIM 4193131021 ABSTRACT.pdf
Download (37kB)
4. NIM 4193131021 PREFACE.pdf
Download (115kB)
5. NIM 4193131021 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (144kB)
6. NIM 4193131021 ILLUSTRATION.pdf
Download (35kB)
7. NIM 4193131021 TABLES.pdf
Download (34kB)
8. NIM 4193131021 APPENDICES.pdf
Download (35kB)
9. NIM 4193131021 CHAPTER I.pdf
Download (221kB)
10. NIM 4193131021 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 4193131021 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (404kB)
12. NIM 4193131021 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (775kB)
13. NIM 4193131021 CHAPTER V.pdf
Download (62kB)
15. NIM 4193131021 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Reading to Learn (R2L) dan pembuatan rangkuman terhadap kemampuan HOTs-Literacy Sains siswa pada materi Kesetimbangan Kimia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Medan dan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 3 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes sebanyak 12 soal yang terdiri dari bentuk soal esai, pilihan berganda, dan benar salah. Uji hipotesis dilakukan dengan model Regresi Linear Berganda. Hasil pengolahan data menunjukkan sebaran kemampuan awal siswa terbanyak pada kategori kemampuan rendah dengan rentang nilai 0-5 sebanyak 11 orang dengan persentase sebesar 44%, kemampuan sedang sebanyak 9 orang (36%), kemampuan tinggi sebanyak 4 orang (16%). Pada sebaran kemampuan akhir terjadi pengurangan jumlah siswa kategori kemampuan rendah menjadi 8 orang (32%) disertai dengan peningkatan jumlah siswa kategori kemampuan tinggi menjadi menjadi 7 orang (28%) dan kategori kemampuan sangat tinggi menjadi 2 orang (8%). Sementara itu, hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% atau 0,05 pada metode R2L diperoleh nilai sig 0,064 > 0,05, H0 diterima. Hal ini berarti tidak ada pengaruh metode R2L terhadap kemampuan HOTs-Literacy Sains siswa pada materi Kesetimbangan Kimia. Tetapi, jika diuji pada taraf signifikansi 10% atau tingkat kepercayaan 90 % maka Ha diterima yaitu ada pengaruh metode R2L terhadap kemampuan HOTs-Literacy Sains siswa pada materi Kesetimbangan Kimia. Pengujian pada rangkuman diperoleh nilai sig 0,023 < 0,05, Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh pembuatan rangkuman terhadap kemampuan HOTs-Literacy Sains siswa pada materi Kesetimbangan Kimia. Pengujian pada R2L dan rangkuman secara simultan diperoleh nilai sig 0,003 < 0,05, Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh metode R2L dan pembuatan rangkuman secara simultan terhadap kemampuan HOTs-Literacy Sains siswa pada materi Kesetimbangan Kimia.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Reading to Learn (R2L), Rangkuman, HOTs-Literacy, Kesetimbangan Kimia |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 08:51 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 08:51 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65348 |
