Sufiati, Indah (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 020617 KEC. BINJAI SELATAN TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313139 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
108313139 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
108313139 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
108313139 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313139 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313139 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313139 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313139 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313139 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
108313139 BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
108313139 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan Kooperatif Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Materi Pokok Pengaruh Globalisasi Dalam Bidang Transportasi dalam bidang transportasi di Kelas IV SD Negeri 020617 Kec. Binjai Selatan TA 2011/2012?Penelitian ini bertujuan untuk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Mata Pelajaran PKN Materi Pokok Pengaruh Globalisasi Dalam Bidang Transportasi dalam bidang transportasi di Kelas IV SD Negeri 020617 Kec. Binjai Selatan TA 2011/2012 dengan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 24 orang siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa pada materi pengaruh globalisasi dalam bidang trasportasi meningkat, yaitu tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 75.Berdasarkan analisis data pada awal tindakan tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal dapat diketahui dari 24 orang siswa Dari awal tindakan diperoleh gambaran bahwa hasil belajar siswa tergolong rendah dimana terdapat sebanyak 3 orang siswa 12,5% mendapat nilai tuntas dan sebanyak 21 orang siswa (86,5%) belum mendapat nilai tuntas dengan rata-rata 51,56. Pada siklus I sebanyak 10 orang siswa 47,1% mendapat nilai tuntas dan sebanyak 18 orang siswa (52,9%) belum mendapat nilai tuntas dengan rata-rata 62,51. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi sebanyak 22 orang siswa 91,67% mendapat nilai tuntas dan sebanyak 2 orang siswa 8,3% belum mendapat nilai tuntas dengan rata-rata 87,08.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKN khususnya pada materi pengaruh globalisasi dalam bidang transportasi di Kelas IV SD Negeri 02020617 Kec. Binjai Selatan TA 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Suf p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT; Hasil Belajar; PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2016 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6534 |