Amelia, Chairunnisa (2012) HUBUNGAN PERHATIAN SISWA DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI DI SDN 067775 MEDAN TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081211910002 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
081211910002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
081211910002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
081211910002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
081211910002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
081211910002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
081211910002 BAB I.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
081211910002 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
081211910002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar matematika siswa dan kurangnya perhatian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Kebanyakan siswa menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan sangat menakutkan sehingga kebanyakan siswa tidak bisa konstrasi ketika guru mengajar materi matematika.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat ada tidaknya hubungan yang signifikan antara perhatian siswa dalam belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 067775 Medan tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa seluruhnya 40 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang total sampel. Instrument yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi Product Moment dan uji-t.Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor data perhatian siswa dalam belajar sebesar 124,55; sedangkan data nilai prestasi belajar matematika siswa diperoleh rata-rata sebesar 73,75. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai rhitung > rtabel (0,346 > 0,312), dan thitung > ttabel (2,273 > 1,68) yang berarti terima Ha atau tolak Ho. Sedangkan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh I = 11,97%.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian siswa dalam belajar matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 067775 Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Perhatian siswa dalam belajar matematika ternyata memberikan hubungan yang berarti sebesar 11,97% terhadap prestasi belajar matematika siswa yang sekaligus berarti semakin tinggi perhatian siswa dalam belajar matematika, maka semakin tinggi pula prestasi yang akan didapatkan siswa tersebut. Sebagai tindak lanjut diharapkan kepada orangtua siswa maupun guru untuk lebih memotivasi siswa agar memiliki perhatian yang baik dalam belajar matematika sehingga siswa dapat memperoleh prestasi belajar yang lebih baik pula.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Ame h |
Keywords: | Siswa; Prestasi Belajar; Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 19 Sep 2016 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6530 |