Zulkarnain (2012) PENGGUNAAN METODE DEBAT DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD 107400 BANDAR KHALIPAH T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108113072 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
108113072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
108113072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108113072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
108113072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108113072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108113072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108113072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108113072 BAB I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
108113072 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
108113072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 107400 Bandar Khalipah, dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam memahami materi masalah sosial dan upaya meningkatkan aktivitas belajar dengan menggunakan metode debat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 107400 Bandar khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang pada tahun ajaran 2011/2012. Dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang yang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Objek penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya peningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial dengan menggunakan metode debat.Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa nilai dari 40 orang siswa pada siklus I pertemuan 1 yang mendapat kriteria sangat baik ada 8 orang (20%), kemudian yang mendapat kriteria baik diperoleh 8 orang siswa (20%), selanjutnya yang mendapat kriteria cukup menjadi 10 orang siswa (25%), dan yang mendapat kriteria kurang 14 orang siswa (35%). Peroleh skor guru yang diperoleh adalah 64,28%. Sedangkan pada pertemuan ke 2, siswa yang memperoleh kriteria sangat baik ada 16 orang (40%), yang mendapat kriteria baik terdapat 10 orang (25%), yang mendapat kriteria cukup terdapat 4 orang (10%), dan yang kurang terdapat 10 orang (25%). Skor yang diperoleh guru adalah dengan nilai 71,42% dikatakan kriteria baik. Kemudian pada siklus II pertemuan 3 terdapat 16 orang siswa yang memperoleh kriteria sangat baik (40%), kemudian yang mendapat kriteria baik berjumlah 13 orang (32,50%), kemudian 5 orang (12,50%) mendapatkan kriteria cukup dan 6 orang siswa yang kurang (15%), dan skor yang diperoleh guru adalah 78,57%. Skor guru juga mengalami peningkatan. Selanjutnya pada pertemuan ke 4 jumlah siswa yang mendapat kategori sangat baik sudah meningkat yakni 28 orang (70%), yang mendapat kategori baik terdapat 7 orang (17,50%), selanjutnya yang memperoleh kategori cukup terdapat 5 orang atau (12,50%), sehingga tidak ada lagi siswa yang nilainya kurang. Selain itu, skor guru semakin meningkat yakni dengan skor 85,71% dan dikategorikan sangat baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode debat dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa setelah dilaksanakannya proses belajar mengajar pada pelajaran IPS materi masalah sosial di kelas IV SD Negeri No. 107400 Bandar Khalipah T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Zul p |
Keywords: | Metode DEbat; Aktivitas Belajar; Pelajaran IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6528 |