Sinaga, Pasmayana (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD HYPERCONTENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMA N 1 PARBULUAN, KABUPATEN DAIRI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203121075_Cover.pdf
Download (260kB)
4203121075_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (709kB)
4203121075_Abstrak.pdf
Download (476kB)
4203121075_Kata_Pengantar.pdf
Download (171kB)
4203121075_Daftar_Isi.pdf
Download (93kB)
4203121075_Daftar_Gambar.pdf
Download (244kB)
4203121075_Daftar_Tabel.pdf
Download (37kB)
4203121075_Daftar_Lampiran.pdf
Download (248kB)
4203121075_BAB_I.pdf
Download (456kB)
4203121075_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4203121075_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (919kB)
4203121075_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (657kB)
4203121075_BAB_V.pdf
Download (418kB)
4203121075_Daftar_Pustaka.pdf
Download (552kB)
4203121075_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berbantuan LKPD hypercontent terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Tipe Two Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Parbuluan yang terdiri dari 4 kelas paralel. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-3 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah di uji validitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t dengan taraf signifikan 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar post-test kelas eksperimen 82,4 dan kelas kontrol 69,1. Pada uji hipotesis uji t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung sebesar 10,10 dan ttabel sebesar 1,99 atau thitung > ttabel. Hasil perhitungan Effect Size diperoleh Effect Size sebesar 1,45 kategori sangat besar. Maka model Discovery Learning berbantuan LKPD hypercontent berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Parbuluan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 536.07 |
| Keywords: | Discovery Learning, LKPD hypercontent, Hasil belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 03:22 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 03:22 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65279 |
