Hayati, Fadhilah (2012) PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DI KELAS IV SISWA SD NEGERI 101776 SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920411 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
071211920411 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
071211920411 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
071211920411 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
071211920411 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
071211920411 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
071211920411 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
071211920411 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
071211920411 BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
071211920411 BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
071211920411 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu usaha yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dan merupakan suatu kunci pokok untuk mencapai cita-cita suatu bangsa. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut tentunya perlu usaha yang maksimal dari guru, dimana pada saat menyampaikan pelajaran guru mampu membangkitkan motivasi siswa dalam belajar, sehingga terciptanya siswa yang terampil. Kemampuan siswa dalam bidang SAINS merupakan salah satu kunci keberhasilan peningkatan kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan dan memasuki dunia teknologi. Namun kenyataannya, metode yang dilakukan guru di SD Negeri 101776 Sampali dalam pembelajaran SAINS masih cenderung monoton, kurang menarik, dan hanya terpusat pada buku, sehingga banyak di antara siswa yang kurang menunjukkan hasil belajar yang memuaskan.Penelitian di SD Negeri 101776 Sampali dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Kerja Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar SAINS di kelas IV siswa SD negeri 101776 Sampali. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan, yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dan alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes (pretes, evaluasi siklus I dan evaluasi siklus II) dan lembar observasi untuk siswa dan peneliti. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101776 Sampali dengan jumlah 31 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan metode kerja kelompok dalam meningkatkan hasil belajar SAINS di kelas IV siswa SD Negeri 101776 Sampali.Sebelum dilakukan tindakan, terlebih dahulu peneliti memberikan pretes terhadap siswa, dan terlihat hanya 5 siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar (16,1%) dan 26 orang siswa yang belum tuntas dalam belajar (83,9%). Setelah dilakukan siklus I dengan menggunakan metode kerja kelompok terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu ada 15 orang siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar (48,4%) dan 16 orang siswa yang belum tuntas dalam belajar (51,6%). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa yaitu terdapat 27 orang siswa yang tuntas belajar atau sebesar (87,1%), sedangkan 4 orang siswa yang tidak tuntas belajar atau sebesar (12,9%).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah digunakan metode kerja kelompok, hasil belajar siswa pada pelajaran SAINS pokok bahasan wujud benda dan sifatnya di kelas SD Negeri 101776 Sampali meningkat, sesuai dengan hasil yang diperoleh dari siklus I dan siklus II. Dengan menggunakan metode kerja kelompok ini serta bahan media yang menarik saat belajar dapat meningkatkan keaktifan siswa, hal ini juga melatih tanggung jawab siswa dalam berkelompok dan merangsang siswa mengeluarkan pendapatnya di dalam kelompok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Hay p |
Keywords: | Metode Kerja Kelompok; Hasil Belajar; Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6527 |