PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SMA

Syahfitri, Lhutfiyah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202421020_Cover.pdf] Text
4202421020_Cover.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4202421020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202421020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of 4202421020_Abstrak.pdf] Text
4202421020_Abstrak.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4202421020_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202421020_Kata_Pengantar.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 4202421020_Daftar_Isi.pdf] Text
4202421020_Daftar_Isi.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 4202421020_Daftar_Gambar.pdf] Text
4202421020_Daftar_Gambar.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4202421020_Daftar_Tabel.pdf] Text
4202421020_Daftar_Tabel.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4202421020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4202421020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 4202421020_BAB_I.pdf] Text
4202421020_BAB_I.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 4202421020_BAB_II.pdf] Text
4202421020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4202421020_BAB_III.pdf] Text
4202421020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[thumbnail of 4202421020_BAB_IV.pdf] Text
4202421020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 4202421020_BAB_V.pdf] Text
4202421020_BAB_V.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 4202421020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202421020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 4202421020_Lampiran.pdf] Text
4202421020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis discovery learning pada materi gelombang bunyi yang layak, praktis dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa XI IPA SMA Swasta Pembangunan Galang yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli materi, ahli media, dan guru bidang studi fisika, angket kepraktisan oleh siswa dan instrument tes hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah e-modul fisika berbasis discovery learning pada materi gelombang bunyi. Kelayakan e-modul berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase 89,25% dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli media memperoleh persentase 96% dengan kategori sangat layak, dan hasil respon guru bidang studi fisika memperoleh ratarata 97% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan oleh siswa mendapatkan rata-rata persentase 89,66% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan hasil belajar siswa memperoleh n-gain sebesar 0,63 dengan kategori sedang dan hasil uji effect size memperoleh nilai sebesar 2,95 dengan kategori tinggi. Dengan demikian disimpulkan bahwa e-modul berbasis discovery learning yang dikembangkan sangat layak, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.071
Keywords: E-Modul, discovery learning, gelombang bunyi, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Oct 2025 07:15
Last Modified: 09 Oct 2025 07:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65266

Actions (login required)

View Item
View Item