Syahfitri, Lhutfiyah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202421020_Cover.pdf
Download (218kB)
4202421020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (563kB)
4202421020_Abstrak.pdf
Download (154kB)
4202421020_Kata_Pengantar.pdf
Download (152kB)
4202421020_Daftar_Isi.pdf
Download (136kB)
4202421020_Daftar_Gambar.pdf
Download (86kB)
4202421020_Daftar_Tabel.pdf
Download (86kB)
4202421020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (93kB)
4202421020_BAB_I.pdf
Download (316kB)
4202421020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4202421020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (570kB)
4202421020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
4202421020_BAB_V.pdf
Download (101kB)
4202421020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (196kB)
4202421020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis discovery learning pada materi gelombang bunyi yang layak, praktis dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa XI IPA SMA Swasta Pembangunan Galang yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli materi, ahli media, dan guru bidang studi fisika, angket kepraktisan oleh siswa dan instrument tes hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah e-modul fisika berbasis discovery learning pada materi gelombang bunyi. Kelayakan e-modul berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase 89,25% dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli media memperoleh persentase 96% dengan kategori sangat layak, dan hasil respon guru bidang studi fisika memperoleh ratarata 97% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan oleh siswa mendapatkan rata-rata persentase 89,66% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan hasil belajar siswa memperoleh n-gain sebesar 0,63 dengan kategori sedang dan hasil uji effect size memperoleh nilai sebesar 2,95 dengan kategori tinggi. Dengan demikian disimpulkan bahwa e-modul berbasis discovery learning yang dikembangkan sangat layak, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran fisika.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 530.071 |
| Keywords: | E-Modul, discovery learning, gelombang bunyi, hasil belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 07:15 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 07:15 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65266 |
