Sihotang, Kartini Anggi Agata (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203321011_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_Cover.pdf
Download (180kB)
![[thumbnail of 4203321011_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (701kB)
![[thumbnail of 4203321011_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_Abstrak.pdf
Download (373kB)
![[thumbnail of 4203321011_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_Kata_Pengantar.pdf
Download (718kB)
![[thumbnail of 4203321011_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_Daftar_Isi.pdf
Download (345kB)
![[thumbnail of 4203321011_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
![[thumbnail of 4203321011_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_Daftar_Tabel.pdf
Download (210kB)
![[thumbnail of 4203321011_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 4203321011_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_BAB_I.pdf
Download (473kB)
![[thumbnail of 4203321011_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 4203321011_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (915kB)
![[thumbnail of 4203321011_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (778kB)
![[thumbnail of 4203321011_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_BAB_V.pdf
Download (334kB)
![[thumbnail of 4203321011_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (301kB)
![[thumbnail of 4203321011_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar fisika peserta didik, penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 percut sei tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment design dengan desain yaitu pretets-posttest control group design dengan teknik pengambilan sample yang digunakan pada enelitian ini ialah cluster random sampling, yang berdiri dari kelas eksperimen dan kelas control dengan masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Solusi untuk menyelesaikan masalah dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen diterapkan model discovery learning berbantuan E-LKPD dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional.Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kelas X-3 sampai X- 4. Instrumen yang digunakan berupa tes belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal. Sebelum diberikan perlakuan yang berbeda dilakukan pretest, maka diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 48,1 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 45,6. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh nilai thitung < ttabel = 0,97 < 1,994 yang berarti H0 diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan awal berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sama. Kemudian dilakukan perlakuan berbeda, dan dilakukan posttest terhadap kedua kelas, maka diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 76,5 dan nilai ratarata posttest kelas kontrol 63,5. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data posttest diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t satu pihak diperoleh nilai thitung > ttabel = 4,860 > 1,666 maka hipotesis Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran discovery learning berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi kelas X SMA negeri 1 percut sei tuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 507.1 |
Keywords: | Usaha dan Energi, Discovery Learning, dan E-LKPD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 05:06 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 05:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65264 |