Marbun, James (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, UNIMED.
4183321028_Cover.pdf
Download (104kB)
4183321028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4183321028_Abstrak.pdf
Download (119kB)
4183321028_Kata_Pengantar.pdf
Download (253kB)
4183321028_Daftar_Isi.pdf
Download (187kB)
4183321028_Daftar_Gambar.pdf
Download (124kB)
4183321028_Daftar_Tabel.pdf
Download (102kB)
4183321028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (95kB)
4183321028_BAB_I.pdf
Download (328kB)
4183321028_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4183321028_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (921kB)
4183321028_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4183321028_BAB_V.pdf
Download (161kB)
4183321028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (188kB)
4183321028_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini telah berhasil mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan hasil belajar peserta Berbasis Inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Santo Thomas 3 Medan berjumlah 10 orang dalam uji kelompok kecil dan berjumlah 25 orang dalam uji kelompok besar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan 4-D Models oleh Thiagarajan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari angket uji kelayakan ahli materi dan ahli desain, instrumen soal pre-test dan post-test dan angket respon pengguna terhadap LKPD Berbasis Inkuiri terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan LKPD Berbasis Inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor yang telah dikembangkan termasuk kategori sangat layak digunakan didalam kelas, berdasarkan hasil uji validasi ahli materi (90%) dan ahli media (95%). Berdasarkan data yang diperoleh dari N-gain, LKPD berbasis Inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi suhu dan kalor dengan nilai 0,52. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Inkuiri terbimbing yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dikelas
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 507.1 |
| Keywords: | Pengembangan, LKPD, 4D, Inkuiri Terbimbing, Suhu dan Kalor |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 04:59 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 04:59 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65263 |
