Gultom, Dewi Melia (2023) PENGARUH MODEL SCIENTIFC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II DI SMA SWASTA ERIA MEDAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193321017_Cover.pdf
Download (70kB)
4193321017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (293kB)
4193321017_Abstrak.pdf
Download (97kB)
4193321017_Kata_Pengantar.pdf
Download (156kB)
4193321017_Daftar_Isi.pdf
Download (468kB)
4193321017_Daftar_Gambar.pdf
Download (91kB)
4193321017_Daftar_Tabel.pdf
Download (127kB)
4193321017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (117kB)
4193321017_BAB_I.pdf
Download (426kB)
4193321017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (256kB)
4193321017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4193321017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (895kB)
4193321017_BAB_V.pdf
Download (104kB)
4193321017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (208kB)
4193321017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran model scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains pada materi momentum dan impuls di SMA Swasta Eria Medan T.P. 2022/.2023.
Jenis peneltian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretes- postes. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X IPA SMA Swasta Eria Medan yang terdiri dari 90 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk essay sebanyak 10 soal divalidasikan mengamati aktivitas siswa serta mengukur keterampilan siswa.
Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata- rata pretes kelas kontrol dan eksperimen adalah 57,30 dan 75,57. Pada pengujian normalittas dan homogenitas data pretes kedua kelas berdistribusi secara normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak dan pretest diperoleh � ℎ�����< ������(3,13<2002) maka �� berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran, diperoleh postes dengan nilai rata- rata hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 47,00 dan 70,33. Pengujian normalitas dan homogenitas data postes keduanya berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh > ������(1,83>1,671) maka �� diterima, terdapat pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap KPS pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Swasta Eria Medan T.P.2022/2023. Nilai rata- rata aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen selama pembelajaran berlangsung sebesar 69,9 termasuk kategori aktif. Nilai rata- rata KPS siswa pada kelas eksperimen selama pembelajaran berlangsung sebesar 75,5 termasuk kategori terampil
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 372.35 |
| Keywords: | Scientific Inquiry, Keterampilan Proses Sains, Aktivitas |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:32 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 03:32 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65257 |
