PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI DI MAN 2 MODEL MEDAN

Fazirah, Cindy (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI DI MAN 2 MODEL MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203121027_Cover.pdf] Text
4203121027_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4203121027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203121027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121027_Abstrak.pdf] Text
4203121027_Abstrak.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 4203121027_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203121027_Kata_Pengantar.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4203121027_Daftar_Isi.pdf] Text
4203121027_Daftar_Isi.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 4203121027_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203121027_Daftar_Gambar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203121027_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203121027_Daftar_Tabel.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203121027_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203121027_Daftar_Lampiran.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203121027_BAB_I.pdf] Text
4203121027_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203121027_BAB_II.pdf] Text
4203121027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121027_BAB_III.pdf] Text
4203121027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121027_BAB_IV.pdf] Text
4203121027_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 4203121027_BAB_V.pdf] Text
4203121027_BAB_V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203121027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203121027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203121027_Lampiran.pdf] Text
4203121027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis science, technology, engineering, mathmatics pada materi Fluida dinamis yang layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) menggunakan model penelitian ADDIE. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru bidang studi fisika serta peserta didik di kelas XII-F1 B berjumlah 30 siswa dan XII-F1 D berjumlah 10 siswa di MAN 2 Model Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket kelayakan (ahli materi, ahli media, dan guru bidang studi), lembar observasi, instrumen soal pretest dan posttest serta angket respon guru dan peserta didik terhadap e-modul berbasis STEM materi fluida dinamis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis STEM materi fluida dinami yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika berdasarkan hasil uji validasi ahli materi (85%), ahli media (85%), dan guru bidang studi fisika (86%). E-modul berbasis STEM materi fluida dinamis masuk dalam kategori sangat praktis berdasarkan hasil respon siswa kelompok kecil (86%) dan respon siswa kelompok besar (94%). E-modul masuk dalam kategori efektif melalui peningkatan yang terjadi pada n-gain sebesar 0,69 pada kategori sedang serta dengan rata-rata nilai pada posttest mencapai KKM sebesar 72,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis STEM materi fluida dinamis layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 371.334
Keywords: R&D, E-modul, STEM, Fluida Dinamis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 08 Oct 2025 08:54
Last Modified: 08 Oct 2025 08:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65253

Actions (login required)

View Item
View Item