Damanik, Depi Maulina (2012) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 105402 SIBUNGA-BUNGAHILIR KEC. TIGA JUHAR T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313055 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
108313055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
108313055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
108313055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313055 BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
108313055 BAB V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
108313055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dari penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakanMetode Diskusi Kelompok dapat meningkatkan kreativitas Belajar Siswa dalampada pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Pengumuman di kelas IV SDNegeri SD Negeri 105402 Sibunga-bunga Hilir Kec.Tiga Juhar Tahun ajaran2011/2012.Penelitian ini bertujuan untuk Untuk Meningkatkan Kreativitas BelajarSiswa Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok pada Mata PelajaranBahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 105402 Sibunga-Bunga Hilir Kec. TigaJuhar TA 2011/2012 dengan jumlah 25 orang siswa.Penelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan menggunakanmetode kooperatif tipe metode diskusi kelompok. Data dikumpulkan denganmenggunakan observasi dan angket. Untuk mengetahui perubahan kreativitasbelajar siswa data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisiskualitatif .Hasil penelitian diperoleh nilai rata – rata kelas IV yang berjumlah 25orang yang terdiri dari 11 orang Perempuan dan 14 Laki-laki. Pada awal tindakanditemukan 16 orang siswa yang memiliki kreativitas belajar sangat rendah (64%),sebanyak 8 orang siswa (32%) memiliki kreativitas siswa rendah dan sebanyak 1orang siswa (4%) dengan kreativitas belajar tinggi dengan nilai rata-ratakeseluruhan siswa 38,9. Kesulitan – kesulitan yang dialami siswa dalammeningkatkan Kretivitas belajar menulis pengumuman adalah masih adaditemukan siswa yang bermain ketika belajar dan belum aktif dalam kelompokdiskusi karena disibukkan dengan pekerjaanya sendiri. Selain itu, guru belummampu mengaktifkan siswa. Setelah diberikan tindakan pada siklus 1 diperolehnilai rata – rata menjadi 45,6 dengan tingkat kreativitas belajar sebanyak 5 orang(20%) mendapat nilai sangat rendah dan sebanyak 19 orang siswa (76%)mendapat nilai rendah dan sebanyak 1 orang siswa (4%) mendapat nilai tinggi.Pada siklus II nilai rata – rata siswa meningkat lagi menjadi 81,8 dengan tingkatkreativitas belajar belajar sebanyak 1 orang siswa (4%) mendapat nilai rendah,sebanyak 6 orang siswa (24%) mendapat nilai tinggi dan 18 orang siswa (72%)mendapat nilai sangat tinggi dan tidak ditemukan siswa yang memiliki nilaisangat rendah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap kegiatanmengajar guru menggunakan metode diskusi kelompok tergolong rendah denganrata-rata yaitu 67,2 pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 96,86.Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu nilai rata-rata 46,0dan siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 72.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan denganmenggunakan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan kreativitas belajarsiswa pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 105402Sibunga-Bunga Hilir Kec. Tiga Juhar TA 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Dam u |
Keywords: | Kreativitas Belajar; Metode Diskusi; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6525 |