Handayani, Sri Rezeki (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 056002 LR. IBADAH T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313347 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
108313347 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
108313347 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313347 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
108313347 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313347 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313347 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313347 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313347 BAB I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
108313347 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
108313347 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan pada siswa kelas V SD Negeri 056002 Lr. Ibadah T.A. 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 056002 Lr. Ibadah T.A. 2011/2012 sebanyak 1 kelas yaitu 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar format observasi kegiatan siswa dan kegiatan peneliti selama proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama siklus I diperoleh rata-rata skor kemampuan berkomunikasi lisan siswa sebesar 1,59 (kurang) dan sebanyak 6,7% siswa yang mengalami peningkatan kemampuan berkomunikasi lisan, pada pertemuan kedua siklus I diperoleh rata-rata skor sebesar 2,09 (cukup) dan sebanyak 26,7% siswa yang yang mengalami peningkatan. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, diperoleh rata-rata skor kemampuan berkomunikasi lisan siswa pada pertemuan pertama siklus II sebesar 2,63 (baik) dan sebanyak 86,7% siswa yang kemampuan berkomunikasi lisannya meningkat sedangkan pada pertemuan kedua siklus II diperoleh rata-rata skor sebesar 2,92 (baik) dan 90% siswa yang kemampuan berkomunikasi lisannya meningkat. Secara klasikal baik pada pertemuan pertama dan kedua siklus II kemampuan berkomunikasi lisan siswa mengalami peningkatan karena sudah lebih dari 85%.Berdasarkan hasil temuan penelitian selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok bersikap jujur dalam kehidupan di kelas V SD Negeri 056002 Lr. Ibadah T.A. 2011/2012. Sebagai tindak lanjut diharapkan kepada guru hendaknya dapat menggunakan metode role playing untuk melatih dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan siswa terutama pada pelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Han m |
Keywords: | Kemampuan Berkomunikasi Lisan; Metode Role Playing; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6524 |