Lubis, Kholijah (2022) Pengaruh Metode Permainan Information Trading Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiai Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Panyabungan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2183311016 COVER.pdf
Download (217kB)
2. NIM 2183311016 APPROVAL SHEET.pdf
Download (341kB)
3. NIM 2183311016 ABSTRACT.pdf
Download (313kB)
4. NIM 2183311016 PREFACE.pdf
Download (328kB)
5. NIM 2183311016 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (265kB)
6. NIM 2183311016 LIST OF TABLE.pdf
Download (210kB)
7. NIM 2183311016 APPENDICES.pdf
Download (132kB)
8. NIM 2183311016 CHAPTER I.pdf
Download (516kB)
9. NIM 2183311016 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
10. NIM 2183311016 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 2183311016CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 2183311016CHAPTER V.pdf
Download (338kB)
13. NIM 2183311016 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (244kB)
14. NIM 2183311016 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks
negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 3 Panyabungan tahun pembelajaran
2021/2022 sebelum menggunakan metode permainan information trading; (2)
Mendeskripsikan kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri
3 Panyabungan tahun pembelajaran 2021/2022 setelah menggunakan metode
permainan information trading; (3) Mendeskripsikan pengaruh metode permainan
terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 3
Panyabungan tahun pembelajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan
adalah pre-experimental designdengan one group pretest-posttest. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Panyabungan. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-1 berjumlah 24 orang dengan
mengambilan sampel secara purposive sampling. Hasil penelitian ini dianalisis
menggunakan analisis statistik desksriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis
menunggunakan uji dua rata-rata. Nilai rata–rata pretest berjumlah 87,5 dan
posttest berjumlah 96,93 atau menunjukkan selisih 9,43. Pengaruh metode
permainan dan signifikansi uji hipotesis diketahui dengan rumus ujit, penentuan
ttabel menggunakan tabel distribusi t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan db = n
1 = 19-1 = 18 diperoleh hasil t0,05 = 1,734. Hasil thitung = 4,1125dan ttabel = 1,734
dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga, thitung > ttabel atau
4,1125 > 1,734. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode permainan
information trading berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi
oleh siswa kelas X SMA Negeri 3 Panyabungan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Metode Permainan Information Trading; Menulis; Teks Negosiasi |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:05 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 04:05 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65227 |
