Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Dan Properti SMK Negeri 2 Binjai

ASRURI, MARHABI (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Dan Properti SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5133111023 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5133111023 COVER.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5133111023 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5133111023 APPROVAL SHEET.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5133111023 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5133111023 ABSTRACT.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5133111023 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5133111023 PREFACE.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5133111023 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5133111023 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5133111023 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5133111023 TABLES.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5133111023 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5133111023 ILLUSTRATION.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5133111023 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5133111023 APPENDICES.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5133111023 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5133111023 CHAPTER I.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5133111023 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5133111023 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5133111023 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5133111023 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5133111023 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5133111023 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5133111023 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5133111023 CHAPTER V.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5133111023 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5133111023 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5133111023 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5133111023 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan modelpembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran Gambar Teknik. Subjekpenelitian ini ada dua kelas diambil sebagai sampel, yaitu kelas X DPIB 1 berjumlah 30 orang siswa dan kelas X DPIB 2 berjumlah 30 siswa. Sehingga jumlah keseluruhan dari sampel ini adalah sebanyak 60 orang siswa.Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling, dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 25 soal dengan 4 opsi jawaban. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing strategi pembelajaran menunjukkan bahwa kelas yang diajarkan dengan pembelajaran Explicit Instruction memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 53,73 dan posttest sebesar 84,80, standar deviasi pretest sebesar 10,44 dan standar deviasi posttest sebesar 5,82. Sedangkan kelas yang diajarkan dengan model konvensional memperopleh nilai rata-rata pretest sebesar 52,8 dan posttest sebesar 72,07 standar deviasi pretest sebesar 11,57 dan standar deviasi posttest sebesar 3,74. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,89 dan ttabel sebesar 1,68. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,89 > 1,68) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar gambar teknik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Explicit Instruction; Hasil Belajar; Gambar Teknik
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:51
Last Modified: 01 Oct 2025 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65213

Actions (login required)

View Item
View Item