ASRURI, MARHABI (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Dan Properti SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM. 5133111023 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 5133111023 COVER.pdf
Download (181kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 5133111023 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 5133111023 APPROVAL SHEET.pdf
Download (367kB)
![[thumbnail of 3. NIM. 5133111023 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 5133111023 ABSTRACT.pdf
Download (203kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 5133111023 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 5133111023 PREFACE.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 5133111023 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 5133111023 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 5133111023 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 5133111023 TABLES.pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 5133111023 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 5133111023 ILLUSTRATION.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 8. NIM. 5133111023 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM. 5133111023 APPENDICES.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 5133111023 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 5133111023 CHAPTER I.pdf
Download (452kB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5133111023 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5133111023 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (805kB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5133111023 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5133111023 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (919kB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5133111023 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5133111023 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (963kB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5133111023 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5133111023 CHAPTER V.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5133111023 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5133111023 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5133111023 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5133111023 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan modelpembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran Gambar Teknik. Subjekpenelitian ini ada dua kelas diambil sebagai sampel, yaitu kelas X DPIB 1 berjumlah 30 orang siswa dan kelas X DPIB 2 berjumlah 30 siswa. Sehingga jumlah keseluruhan dari sampel ini adalah sebanyak 60 orang siswa.Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling, dimana keseluruhan populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 25 soal dengan 4 opsi jawaban. Hasil analisis data setelah diberikan perlakuan dengan masing-masing strategi pembelajaran menunjukkan bahwa kelas yang diajarkan dengan pembelajaran Explicit Instruction memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 53,73 dan posttest sebesar 84,80, standar deviasi pretest sebesar 10,44 dan standar deviasi posttest sebesar 5,82. Sedangkan kelas yang diajarkan dengan model konvensional memperopleh nilai rata-rata pretest sebesar 52,8 dan posttest sebesar 72,07 standar deviasi pretest sebesar 11,57 dan standar deviasi posttest sebesar 3,74. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,89 dan ttabel sebesar 1,68. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,89 > 1,68) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar gambar teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Explicit Instruction; Hasil Belajar; Gambar Teknik |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:51 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65213 |