Simatupang, Andika Reja Raja (2019) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan hasil belajar konstruksi bangunan pada siswa kelas x program keahlian Teknik Gambar Bangunan Smk Provsu Binaan Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 5131111001 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 5131111001 COVER.pdf
Download (41kB)
![[thumbnail of 2. NIM 5131111001 APPROVAL SHEET ......pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 5131111001 APPROVAL SHEET ......pdf
Download (673kB)
![[thumbnail of 3. NIM 5131111001 ABSTRAK.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 5131111001 ABSTRAK.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 4. NIM 5131111001 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 5131111001 PREFACE.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of 5. NIM 5131111001 TABLES OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 5131111001 TABLES OF CONTENT.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of 6. NIM 5131111001 PICTURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 5131111001 PICTURE.pdf
Download (31kB)
![[thumbnail of 7. NIM 5131111001 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 5131111001 TABLES.pdf
Download (94kB)
![[thumbnail of 8. NIM 5131111001 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 5131111001 APPENDICES.pdf
Download (97kB)
![[thumbnail of 9. NIM 5131111001 CHAPTER 1.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 5131111001 CHAPTER 1.pdf
Download (352kB)
![[thumbnail of 10. NIM 5131111001 CHAPTER 2.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 5131111001 CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (485kB)
![[thumbnail of 11. NIM 5131111001 CHAPTER 3.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 5131111001 CHAPTER 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (773kB)
![[thumbnail of 12. NIM 5131111001 CHAPTER 4.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 5131111001 CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (805kB)
![[thumbnail of 13. NIM 5131111001 CHAPTER 5.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 5131111001 CHAPTER 5.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of 14. NIM 5131111001 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 5131111001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of 15. NIM 5131111001 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 5131111001 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan serta untuk mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 22 orang. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I diperoleh 22 soal yang valid dari 30 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 1 soal mudah dan 21 soal sedang, daya beda soal diperoleh 4 soal jelek, 12 soal cukup, baik 6 soal, uji realibilitas diperoleh 0,740 (tinggi) dan pada siklus II 21 soal yang valid dari 30 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 1 soa l mudah dan 20 soal sedang, daya beda soal diperoleh 7 soal jelek, 10 soal cukup, 4 soal baik, uji realibilitas diperoleh 0,899 (tinggi). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 69 meningkat menjadi 81 pada siklus II. Untuk nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 70 dan meningkat sebesar 16% menjadi 86 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperaive Script dapat 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar, 2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan, 3) mendapat respon yang positif dari siswa karena pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:46 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65212 |