Samosir, Martin Firdaus (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Open Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5133131018 COVER.pdf
Download (145kB)
2. 5133131018 APPROVAL SHEET.pdf
Download (617kB)
3. 5133131018 ABSTRAK.pdf
Download (252kB)
4. 5133131018 PREFACE.pdf
Download (413kB)
5. 5133131018 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (362kB)
6. 5133131018 TABLES.pdf
Download (199kB)
7. 5133131018 APPENDICES.pdf
Download (199kB)
8. 5133131018 CHAPTER I.pdf
Download (779kB)
9. 5133131018 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
10. 5133131018 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. 5133131018 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. 5133131018 CHAPTER V.pdf
Download (111kB)
13. 5133131018 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (112kB)
14. 5133131018 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Open Ended terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 72 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X TITL 2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Open Ended dan kelas X TITL 1 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model Ekspositori. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes pilihan berganda dengan jumlah 35 soal. Dari hasil penelitian rata-rata pre-tes kelas eksperimen 54,13 dan kelas kontrol 56,63 dan hasil post-test kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,25 dan standar deviasi 7,91 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 76,19 dengan standar deviasi 7,32. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan variannya homogen. Dari hasil uji Kata Kunci beda nilai kedua kelas diperoleh thitung sebesar 4,22 dan ttabel sebesar 1,66. Karena thitung > ttabel atau 4,22 > 1,66 Ha diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Open Ended pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2018/2019.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Problem Open Ended; Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika |
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 15 Sep 2025 08:41 |
| Last Modified: | 15 Sep 2025 08:41 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65163 |
