Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Dalam Ranah Psikomotor Pada Mata Diklat Dasar Listrik Dan Elektronika Siswa Kelas X TITL Di SMK

Harahap, Fadhilah (2018) Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Dalam Ranah Psikomotor Pada Mata Diklat Dasar Listrik Dan Elektronika Siswa Kelas X TITL Di SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5142131002 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5142131002 COVER.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5142131002 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5142131002 APPROVAL SHEET.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5142131002 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5142131002 ABSTRACT.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5142131002 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5142131002 PREFACE.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 5. NIM 5142131002 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5142131002 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5142131002 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5142131002 TABLES.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5142131002 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5142131002 ILLUSTRATION.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5142131002 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5142131002 APPENDICES.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5142131002 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5142131002 CHAPTER I.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5142131002 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM. 5142131002 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM. 5142131002 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM. 5142131002 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. NIM. 5142131002 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM. 5142131002 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM. 5142131002 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5142131002 CHAPTER V.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5142131002 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5142131002 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 15. NIM. 5142131002 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM. 5142131002 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1).Untuk mengembangkan bahan ajar LKPD dalam ranah psikomotor sehingga dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika siswa kelas X TITL di SMK Negeri 5 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019, 2).Untuk menguji kelayakan LKPD dalam ranah psikomotor pada mata diklat Dasar Listrik dan Elektronika yang telah dibuat untuk kelas X di SMK Negeri 5 Medan. Metodologi penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan Four-D Models oleh Thiagaradjan. Four-D Models terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1). Pendefinisian (Define), 2). Perancangan (Design), 3). Pengembangan (Develop), 4). Penyebaran (Dissaminate). Tahap Dissaminate tidak dilaksanakan karena lingkup peneltian yang sempit. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket tertutup dengan skala Likert 5 pilihan jawaban. Angket divalidasi oleh seorang ahli evaluasi. Uji coba instrumen angket respon siswa dilakukan pada 30 responden diluar sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang dinyatakan valid pada 30 responden. Untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), data hasil angket dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diketahui bahwa: 1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan sumber belajar sesuai dengan silabus yaitu LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Dasar Listrik dan Elektronika yang terdiri dari 9 kegiatan praktik. 2) Tingkat kelayakan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) diketahui dari hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan hasil respon guru dan siswa. Hasil validasi ahli materi yang meliputi aspek kelayakan isi, kebahasaan, sajian, dan manfaat mencapai rata rata skor 103 dengan persentase 82% pada kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli media yang meliputi aspek tampilan, kemudahan penggunaan, konsistensi, format, dan kegrafikan mencapai rata-rata skor 94.5 dengan persentase 94.5% pada kategori “sangat layak”. Berdasarkan respon guru memperoleh skor rata – rata 105.5 dengan persentase 84 . Sementara itu untuk respon siswa memperoleh skor rata-rata 81.5 dengan persentase 81.5% pada kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: penelitian; pengembangan; LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik); Dasar Listrik dan Elektronika
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2025 08:25
Last Modified: 15 Sep 2025 08:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65161

Actions (login required)

View Item
View Item