Widiati, Anggri (2012) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SD SWASTA MELATI BINJAI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313024 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
108313024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313024 BAB I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
108313024 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
108313024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) pada siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam materi pokok sumber daya alam dan penggunannya di SD Swasta Melati Binjai. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah : a) minat belajar siswa pada mata pelajaran Sains masih rendah, b) guru tidak pernah menerapkan pendekatan pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) dalam pembelajaran Sains, c) guru dominan menggunakan metode ceramah sehingga siswa pasif belajar, d) pada proses pembelajaran guru terlihat kurang memberikan penguatan-penguatan kepada siswa, e) siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir, f) guru kurang menggunakan media pada saat mengajar.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta Melati Binjai yang berjumlah 37 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Sains dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) di kelas V SD Swasta Melati Binjai. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa observasi dan angket terhadap kelas selama kegiatan pembelajaran berlangsung, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.Hasil penelitian melalui observasi tentang minat belajar terhadap 37 siswa dapat diketahui bahwa minat belajar siswa masih sangat rendah pada siklus I pertemuan ke-1 dengan rata-rata 35,4%, lalu pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 47,7% dan pada siklus II pertemuan ke-1 meningkat lagi menjadi 66,6% selanjutnya pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 80,2%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa minat belajar siswa pada materi pokok sumber daya alam dan penggunaannya semakin meningkat. Hasil penelitian melalui angket tentang minat belajar siswa yang diberikan terhadap 37 siswa dapat diketahui bahwa minat belajar siswa masih tergolong rendah pada siklus I pertemuan ke-1 dengan rata-rata 39,9%. Namun pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 59,3% dan pada siklus II pertemuan ke-1 meningkat lagi menjadi 72,6% hingga pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 80,9%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa minat belajar siswa pada materi sumber daya alam dan penggunaannya semakin meningkat. Dengan demikian penggunaan pendekatan pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Swasta Melati Binjai T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Wid m |
Keywords: | Minat Belajar; Problem Based Learning; Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6516 |