Pratama, Teguh (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Gambar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5122111008 COVER.pdf
Download (38kB)
2. NIM. 5122111008 APPROVAL SHEET.pdf
Download (242kB)
3. NIM. 5122111008 ABSTRACT.pdf
Download (323kB)
4. NIM. 5122111008 PREFACE.pdf
Download (208kB)
5. NIM. 5122111008 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (137kB)
6. NIM. 5122111008 TABLES.pdf
Download (112kB)
7. NIM. 5122111008 ILLUSTRATION.pdf
Download (109kB)
8. NIM. 5122111008 APPENDICES.pdf
Download (111kB)
9. NIM. 5122111008 CHAPTER I.pdf
Download (438kB)
10. NIM. 5122111008 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (796kB)
11. NIM. 5122111008 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (806kB)
12. NIM. 5122111008 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (625kB)
13. NIM. 5122111008 CHAPTER V.pdf
Download (206kB)
14. NIM. 5122111008 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (140kB)
15. NIM. 5122111008 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XI Program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 52 siswa, yaitu kelas eksperimen (TGB 2) = 26 siswa dan kelas kontrol (TGB 1) = 26 siswa Metode yang diguanakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Berdasarkan desain penelitian di atas kedua kelompok diberi tes awal dengan tes yang sama. Setelah diberi perlakuan yang berbeda kedua kelompok dites dengan tes yang sama sebagai tes akhir. Hasil kedua tes akhir dibandingkan (diuji perbedaannya) demikian juga hasil tes awal pada kelas kontrol dan eksperimen guna mengetahui kemapuan awal siswa apakah berbeda sebelum diberi perlakuan. Perbedaaan antar kedua tes akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan pengaruh dari perlakuan yang diberikan. Hasil penelitian diambil dari tes praktek hasil belajar siswa. Pada hasil pre test diperoleh thitung < ttabel (0,553 < 1,676), serta nilai ̅ , sedangkan ̅ yang berarti tidak berbeda secara signifikan, atau sama kemampuan awal siswa kelas kontrol maupun kelas eksperimen pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Sedangkan data hasil Post test diperoleh uji hipotesis dengan ketetapan thitung > ttabel diperoleh nilai 4.906 > 1,676, serta perbedaan nilai hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan kelas eksperimen lebih tinggi, yaitu ̅ , . penelitian ini sedangkan ̅ membuktikan bahwa strategi pembelajaran discovery learning memberikan pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Strategi Pembelajaran Discovery Learning; Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 15 Sep 2025 04:06 |
| Last Modified: | 15 Sep 2025 04:06 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65159 |
