Sambas, Ervina (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313094 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313094 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
108313094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
108313094 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
108313094 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313094 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313094 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313094 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313094 BAB I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
108313094 BAB V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
108313094 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dengan tindakan menggunakan metode Problem Solving Penelitian ini dilaksanakan di SD N 106162 Medan Estate yang berlokasi di Jalan Pasar V Timur Medan Estate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I peneliti menerapkan metode Problem Solving. Hasil analisis data pada siklus I menunjukan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan menggunakan metode Problem Solving teknik pembinaan belajar berkelompok.Berdasarkan analisis data diketahui bahwa Pada siklus I menunjukan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar ( P = x 100 % = 50 %, ) dengan rata rata kelas 65,69 terjadi peningkatan sebesar 8,34 % dan pada siklus II menunjukan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar ( P = x 100 % = 80,55 %, ) dengan rata rata kelas 86,38 terjadi peningkatan sebesar 30,55 % . Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penerapan metode Problem Solving dengan teknik pembinaan belajar berkelompok pada pelajaran Matematika pada materi menjumlah dan mengurang pecaha di kelas V SD N 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sam m |
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Metode Problem Solving |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6513 |