Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Pelayanan Prima Siswa Kelas X SMK Pariwisata Imelda Medan

Hariyati, Fina (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Pelayanan Prima Siswa Kelas X SMK Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5133142012 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5133142012 COVER.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5133142012 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5133142012 APPROVAL SHEET.pdf

Download (965kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5133142012 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5133142012 ABSTRACT.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5133142012 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5133142012 PREFACE.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5133142012 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5133142012 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5133142012 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5133142012 TABLES.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5133142012 APPENDICES.pdf] Text
7. NIM. 5133142012 APPENDICES.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5133142012 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM. 5133142012 CHAPTER I.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5133142012 CHAPTER II.pdf] Text
9. NIM. 5133142012 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[thumbnail of 10. NIM. 5133142012 CHAPTER III.pdf] Text
10. NIM. 5133142012 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[thumbnail of 11. NIM. 5133142012 CHAPTER IV.pdf] Text
11. NIM. 5133142012 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[thumbnail of 12. NIM. 5133142012 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM. 5133142012 CHAPTER V.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5133142012 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM. 5133142012 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5133142012 ENCLOSURE.pdf] Text
14. NIM. 5133142012 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)) pada pelajaran Pelayanan Prima ; (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pelayanan Prima ; (3) Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Pelayanan Prima. Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah sampel 64 siswa. Kelas X¹ berjumlah 32 orang dan kelas X² yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan berganda dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, tingkat kecenderungan dan uji persyaratan analisis menggunakan rumus uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang menggunakan rumus Liliofers. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pelayanan Prima termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 84,375% dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pelayanan Prima termasuk kategori cenderung cukup sebesar 56,25%. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Conetextual Teaching and Learning dengan nilai (Thitung = 0,1512 < Ttabel = 0,156), dan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yaitu (Thitung = 0,12945 < Ttabel = 0,156). Untuk hasil uji homogenitas diperoleh nilai = 1,81 dan = 1,84, maka dapat disimpulkan < (1,81< 1,84 ) yang berarti data hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar yang tidak menggunakan model pembelajran Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji t) terdapat pengaruh yang signifikan pada Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Pelayanan Prima dengan nilai > (2,90>1,67) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pelayanan Prima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:06
Last Modified: 04 Sep 2025 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65127

Actions (login required)

View Item
View Item