Ritonga, Soybatulasi Aslamiah (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING KELAS VI SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313337 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313337 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
108313337 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
108313337 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313337 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
108313337 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313337 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313337 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313337 BAB I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
108313337 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
108313337 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunaka metode Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi tata surya di kelas VI SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Pelajaran 2011/2012.Jenis penelitian yang digunakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang berguna untuk mengungkapkan kelemahan-kelemahan siswa dalam penguasaan materi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 5 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 106162 Medan Estate sebanyak 40 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah penilaian tes dan penghitungan hasil observasi.Dari hasil tes ini maka,hasil penelitian diperoleh pada saat pre test rata-rata nilai belajar siswa 43,50 dengan ketuntasan belajar 15,00% atau hanya 6 siswa yang tuntas belajar dengan kriteria dikatakan sangat kurang dan belum tuntas secara klasikal. Kemudian pada post test I siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 56,25 dengan ketuntasan belajar 42,50% atau hanya 17 siswa yang tuntas belajar dengan kriteria dikatakan cukup dan belum tuntas belajar secara klasikal. Sedangkan pada siklus II post test II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 84,75 dengan ketuntasan belajar 95,00% atau 38 orang siswa yang tuntas belajar dengan kriteria dikatakan sangat baik atau tuntas belajar secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tata surya kelas VI SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Rit m |
Keywords: | Hasil Belajar; IPA; Metode Cooperative Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6512 |