Rati (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SD NEGERI 101773 DESA KOLAM TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313271 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313271 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
108313271 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313271 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313271 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313271 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313271 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313271 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313271 BAB I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
108313271 BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
108313271 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ”Apakah dengan menggunakanMind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaransains di Kelas V SD Neger i 101773 Desa Kolam Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada matapelajaran sains dengan menggunakan pembelajaran Mind Mapping pada matapelajaran sains di Kelas V SD Neger i 101773 Desa Kolam Tahun Ajaran2011/2012.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian iniadalah seluruh siswa kelas V SD SD Neger i 101773 Desa Kolam Tahun Ajaran2011/2012 yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalahpenelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelumdilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi untuk mengetahuikondisi awal motivasi belajar siswa teradap mata pelajaran sains. Kemudiandiakhir siklus I dan siklus II peneliti melakukan penyabaran angket.Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kondisi awal sebanyak 22 orang siswa(86,75%) siswa yang memiliki motivasi belajar rendah sebanyak 10 orang siswa(31,25%), siswa yang memiliki motivasi belajar yang sedang dan tidak ditemukansiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi (0%). Pada siklus I sebanyak 3 orangsiswa (9,38%), memiliki motivasi belajar yang rendah, sebanyak 26 orang siswa(81,25%) yang memiliki motivasi belajar sedang sebanyak 3 orang siswa (9,37%)dengan kategor i tinggi. Pada siklus II tidak ditemukan siswa (0%) denganmotivasi belajar randah, sebanyak 4 orang siswa (12,5%) dengan motivasi belajaryang sedang dan sebanyak 28 orang siswa (87, 5%) dengan motivasi belajartinggi dengan rata-rata 74,0Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaranmind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaransains materi pokok Peristiwa Alam di Indonesia di kelas V SD 101773 DesaKolam Tahun Ajaran 2011/2012”. Oleh karenanya disarankan kepada guru yangmenerapkan model pembelajaran mind mapping sebaiknya memperhatikanprinsip-prinsip pelaksanaan pembelajaran yang terkadung di dalamnya sehinggadapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Rat m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Pembelajaran Mind Mapping; Sains |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6511 |