Adianti, Utari (2012) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 015921 KEDAI LEDANG KEC. KOTA KISARAN TIMUR TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313387 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
108313387 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
108313387 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313387 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313387 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
108313387 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313387 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313387 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313387 BAB I.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
108313387 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
108313387 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika. Sebagai Alternatif tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan menggunakan metode tutor sebaya di Kelas IV SD Negeri 015921 Kedai Ledang Kec. Kota Kisaran Tahun Ajar 2011 / 2012.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan pendekatan tutor sebaya pada mata pelajaran matematika materi pokok Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas IV SD Negeri 015921 Kedai Ledang Kec. Kota Kisaran Timur TA 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahap yaitu dan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meggunakan observasi dan angket. Sebelum dilakukan tindakan, Siklus I, Siklus II peneliti terlebih dahulu melakukan observasi pada saat guru mengajar dengan tunjuan untuk mengetahui kondisi awal minat belajar siswa kelas IV. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 32 orang siswa. Berdasarkan analisis data sebelum dilakukan tindakan ditemukan dari 32 orang sebanyak 3 orang siswa (9,37%) yang memiliki minat belajar dan sisanya sebanyak 29 orang siswa (90,63%) belum memiliki minat belajar. Pada siklus I secara klasikal sebanyak 15 orang siswa 46,86% yang memiliki minat belajar sedangkan siswanya sebanyak 53,13% belum memiliki minat belajar. Pada siklus II secara klasikal sebanyak 29 orang siswa (90,63%) yang memiliki minat belajar dan sisanya sebanyak 3 orang siswa (9,37%) tidak memiliki minat belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran metode tutor sebaya dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok Penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas SD Negeri 015921 Kedai Ledang Tahun Ajaran 2011/2012. Oleh karenanya guru perlu meningkatkan keterampilan mengajarnya dengan menggunakan metode tutor sebaya sebab hasil penelitan menunjukkan bahwa penggunaan metode pelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa khususnya pada pelajaran matematika di materi penjumlahan dan pengurangan di kelas IV SD Neagri 015921 Tahun Ajaran 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Adi m |
Keywords: | Minat Belajar; Strategi Pendekatan Tutor Sebaya; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6510 |