Ambarita, Evelyn M. T. (2022) Eksperimen Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menggambar Ilustrasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 40 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2173351005 COVER.pdf
Download (60kB)
2. NIM 2173351005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 2173351005 ABSTRACT.pdf
Download (412kB)
4. NIM 2173351005 PREFACE.pdf
Download (161kB)
5. NIM 2173351005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (239kB)
6. NIM 2173351005 LIST OF TABLES.pdf
Download (210kB)
7. NIM 2173351005 LIST OF FIGURES.pdf
Download (208kB)
8. NIM 2173351005 CHAPTER I.pdf
Download (618kB)
9. NIM 2173351005 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
10. NIM 2173351005 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (707kB)
11. NIM 2173351005 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 2173351005 CHAPTER V.pdf
Download (264kB)
13. NIM 2173351005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (267kB)
14. NIM 2173351005 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian Eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri 40 Medan. Tujuan dari
penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi dengan
menggunakan video pembelajaran di kelas eksperimen siswa Kelas VIII T.A
2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One-
Group Pretest – Posttest Design. Populasi dialam penelitian ini adalah seluruh
kelas VIII SMP Negeri 40 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Kelas yang menjadi
sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII C dan VIII D yang masing-masing
terdiri dari 31 siswa, kedua kelas tersebut menjadi kelas eksperimen didalam
penelitian. Analisis yang digunakan untuk menganalisis hasil data yaitu dengan
uji paired sample t-test dengan program aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menggambar ilustrasi di
kelas eksperimen dengan menggunakan video pembelajaran, dengan nilai rata-rata
pretest 75,55 dan posttest 85,97. Hasil menunjukkan bahwa Ha diterima yang
dapat dilihat dari nilai thitung 13,621 > ttabel 2,042, sehingga didapatkan hasil bahwa
adanya pengaruh video pembelajaran di kelas eksperimen dalam meningkatkan
kemampuan menggambar ilustrasi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Video Pembelajaran; Menggambar Ilustrasi; Kemampuan |
| Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
| Depositing User: | Ricky Syahrizal |
| Date Deposited: | 21 Aug 2025 02:45 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 02:48 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65088 |
