Batu Bara, Ade Bulan Muharrani (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBANTUAN CLASSPOINT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4201111025_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111025_Cover.pdf
Download (78kB)
![[thumbnail of 4201111025_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (369kB)
![[thumbnail of 4201111025_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111025_Abstrak.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 4201111025_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111025_Kata_Pengantar.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of 4201111025_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111025_Daftar_Isi.pdf
Download (242kB)
![[thumbnail of 4201111025_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111025_BAB_I.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of 4201111025_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111025_BAB_II.pdf
Download (577kB)
![[thumbnail of 4201111025_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111025_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (376kB)
![[thumbnail of 4201111025_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111025_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (872kB)
![[thumbnail of 4201111025_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111025_BAB_V.pdf
Download (170kB)
![[thumbnail of 4201111025_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (150kB)
![[thumbnail of 4201111025_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201111025_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui tingkat kevalidan produk pengembangan bahan ajar interaktif berbantuan classpoint dengan menggunakan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa, (2) untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk pengembangan bahan ajar interaktif berbantuan classpoint dengan menggunakan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa (3) untuk mengetahui tingkat keefektifan produk pengembangan bahan ajar interaktif berbantuan classpoint dengan menggunakan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa, dan (4) untuk mengetahui peningkatan minat belajar matematika siswa dengan menerapkan bahan ajar interaktif berbantuan classpoint dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 17 Medan dan objek penelitian ini adalah bahan ajar interaktif berbantuan classpoint dengan menggunakan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk yang dikembangkan telah memenuhi kategori kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan nilai rata-rata untuk materi adalah 83,7% dan nilai rata-rata untuk media adalah 88,3% dengan kategori sangat valid; (2) Produk yang dikembangkan memenuhi kategori kepraktisan melalui hasil angket respon guru yang menunjukkan persentase sebesar 89,5% dan hasil angket respon siswa menunjukkan sebesar 85,2% dengan kategori sangat praktis; (3) Produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan melalui hasil angket respon positif siswa sebesar 94,9% dan hasil peningkatan minat belajar matematika siswa sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar interaktif berbantuan classpoint dengan menggunakan model pembelajaran PBL yang dihitung dengan menggunakan rumus N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,55 yang termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem based learning; Classpoint; Bahan ajar interaktif; Minat belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 09:06 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65077 |