Sinaga, Nur Sa’adah (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Perancis Di SMA Berbasis Aplikasi Goanimate. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 2161131025 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 2161131025 COVER.pdf
Download (106kB)
![[thumbnail of 2. NIM 2161131025 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 2161131025 APPROVAL SHEET.pdf
Download (738kB)
![[thumbnail of 3. NIM 2161131025 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 2161131025 ABSTRACT.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of 4. NIM 2161131025 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 2161131025 PREFACE.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of 5. NIM 2161131025 TBALE OF CONTENTS.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 2161131025 TBALE OF CONTENTS.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of 6. NIM 2161131025 IMAGES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 2161131025 IMAGES.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of 7. NIM 2161131025 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 2161131025 TABLES.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of 8. NIM 2161131025 SCEMASH.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 2161131025 SCEMASH.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 9. NIM 2161131025 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 2161131025 APPENDICES.pdf
Download (52kB)
![[thumbnail of 10. NIM 2161131025 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 2161131025 CHAPTER I.pdf
Download (323kB)
![[thumbnail of 11. NIM 2161131025 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 2161131025 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 12. NIM 2161131025 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 2161131025 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (374kB)
![[thumbnail of 13. NIM 2161131025 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 2161131025 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (976kB)
![[thumbnail of 14. NIM 2161131025 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 2161131025 CHAPTER V.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 15. NIM 2161131025 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 2161131025 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (85kB)
![[thumbnail of 16. NIM 2161131025 ENCLOUSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16. NIM 2161131025 ENCLOUSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa
perancis berbasis GoAnimate dalam meningkatkan kemampuan kosakata
siswa SMAN 21 Medan di kelas XI IPS-3 dan untuk mengetahui kelayakan
media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian dan pengembangan atau Research and Development(R&D) model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis (Analyse),
Design (conceptions), Developpement (Développement), Implementation
(Implémentation) dan Evaluation (Évaluation),tetapi pada penelitian ini hanya
sampai 3 tahapan. Tahapan pertama adalah Analisis masalah dengan cara
mengidentifikasi masalah pembelajaran yang sedang terjadi pada siswa.
Tahap selanjutnya adalah Desain Produk, untuk mengerjakan desain produk
hal pertama yang dilakukan adalah memilih dan merancang materi
pembelajaran selanjutnya memasukkan materi pembelajaran kedalam media
pembelajaran GoAnimate. Dan tahapan yang terakhir adalah Pengembangan
dengan memvalidasikan materi dan media kepada ahli materi dan media.
Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa lembar penilaian untuk
validator. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis
persentasi. Hasil uji validasi oleh ahli materi adalah 90 % sedangkan ahli
media adalah 85,7 %. Hasil dari validasi materi termasuk dalam kategori
“sangat baik” dan hasil dari validasi media termasuk kategori “sangat baik”.
Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa perancis berbasi
aplikasi GoAnimate yang dikembangkan dinyatakan valid untuk digunakan
dalam pembelajaran bahasa perancis SMA kelas XI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengembangan; media pembelajaran; GoAnimate |
Subjects: | P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:37 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/65004 |