Sipangkar, Iranani (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4202441017_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441017_Cover.pdf
Download (133kB)
![[thumbnail of 4202441017_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (427kB)
![[thumbnail of 4202441017_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441017_Abstrak.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 4202441017_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441017_Kata_Pengantar.pdf
Download (467kB)
![[thumbnail of 4202441017_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441017_Daftar_Isi.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 4202441017_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441017_BAB_I.pdf
Download (483kB)
![[thumbnail of 4202441017_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (978kB)
![[thumbnail of 4202441017_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (520kB)
![[thumbnail of 4202441017_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (737kB)
![[thumbnail of 4202441017_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441017_BAB_V.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 4202441017_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (276kB)
![[thumbnail of 4202441017_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202441017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kelas terhadap kemampuan literasi sains siswa sekolah menengah atas yang ada di Kota Medan yang terdiri dari kelas X, XI dan XII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan memaparkan data sesuai dengan data yang diperoleh pada penelitian. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Stratified Random Sampling yaitu mengelompokkan populasi berdasarkan tingkatannya. Sampel penelitian ini adalah SMA N 3 Medan, SMA N 4 Medan dan SMA N 5 Medan yang berjumlah 270 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan angket. Soal dan angket yang digunakan berasal dari soal tes PISA tahun 2009 dan 2015 berupa soal pilihan berganda untuk menilai aspek pengetahuan, soal essay untuk menilai aspek kompetensi dan angket untuk mengetahui nilai aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata kelas X sebesar 62,81, skor rata-rata kelas XI sebesar 59,51 dan skor rata-rata kelas XII sebesar 54,21. Skor rata-rata kemampuan literasi sains untuk aspek pengetahuan kelas X sebesar 54,53, kelas XI sebesar 50,44 dan kelas XII sebesar 40,62. Skor rata-rata kemampuan literasi sains untuk aspek kompetensi kelas X sebesar 50,64, kelas XI sebesar 48,11 dan kelas XII sebesar 44,19. Sementara itu, skor rata-rata kemampuan literasi sains untuk aspek sikap kelas X sebesar 83,23, kelas XI sebesar 79,96 dan kelas XII sebesar 77,87. Kemampuan literasi sains kelas X lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan literasi sains kelas XI dan kelas XII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Literasi sains; Penilaian; Kemampuan siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 04:01 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64992 |