Lubis, Husnita (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 106814 TEMBUNG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313130 DAFTAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (898kB) | Preview
108313130 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
108313130 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
108313130 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
108313130 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
108313130 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
108313130 BAB I.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
108313130 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
108313130 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Tujuan pengajaran keterampilan membaca adalah agar siswa mampu memahami pesan komunikasi yang disampaikan dengan medium bahasatulis dengan cermat, tepat dan cepat secara kritis dan kreatif. Kecermatan dan ketepatan dalammemahami pesan komunikasi itu sangat penting agar dapat dicapai pemahaman terhadap pesan komunikasi tersebut. Kecepatan memahami isi komunikasi juga merupakan hal yang penting dalam membaca, terutama bagi mereka yang melaksanakan tugas sehari-hari dengan banyak membaca.Untuk dapat mencapai tujuan pengajaran keterampilan membaca tersebut, guru harus dapat berperan aktif menumbuhkan minat baca pada diri siswa yaitu dengan cara melatih siswa untuk membaca ekstensif. Dengan metode diskusi siswa akan terdorong untuk melakukan kegiatan membaca secara mandiri sehingga siswa memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari.Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 106814 Tembung T.A 2011/2012, yang berjumlah 30 orang siswa. Penentuan subjek berdasarkan tes dan lembar observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi siswa persentase rata-rata per individu nilai keterampilan membaca nyaring adalah 62,75%, hasil persentase rata-rata kelompok nilai keterampilan membaca nyaring adalah 55,94%. Pada siklus II hasil observasi siswa persentase rata-rata per individu nilai keterampilan membaca nyaring adalah 85,14%, hasil persentase rata-rata kelompok nilai keterampilan membaca nyaring adalah 88,99%.Dari hasil yang diperoleh dari 30 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan Metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring dengan teks cerita rakyat pada pelajaran bahasa indonesia di kelasIV SDN 106814 Tembung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Lub u |
Keywords: | Keterampilan Membaca; Metode Diskusi; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6498 |