br tumorang, Mardelita (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Prancis SMA Menggunakan Aplikasi Animaker. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 2172131003 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 2172131003 COVER.pdf
Download (157kB)
![[thumbnail of 15. NIM 2172131003 ENDCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 2172131003 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
![[thumbnail of 3. NIM 2172131003 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 2172131003 ABSTRACT.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 4. NIM 2172131003 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 2172131003 PREFACE.pdf
Download (191kB)
![[thumbnail of 5. NIM 2172131003 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 2172131003 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of 6. NIM 2172131003 LIST OF TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 2172131003 LIST OF TABLES.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of 7. NIM 2172131003 LIST OF IMAGES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 2172131003 LIST OF IMAGES.pdf
Download (163kB)
![[thumbnail of 8. NIM 2172131003 LIST OF SCEMA.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 2172131003 LIST OF SCEMA.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of 9. NIM 2172131003 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 2172131003 CHAPTER I.pdf
Download (356kB)
![[thumbnail of 10. NIM 2172131003 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 2172131003 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 11. NIM 2172131003 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 2172131003 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (549kB)
![[thumbnail of 12. NIM 2172131003 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 2172131003 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 13. NIM 2172131003 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 2172131003 CHAPTER V.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 14. NIM 2172131003 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 2172131003 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of 2. NIM 2172131003 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 2172131003 APPROVAL SHEET.pdf
Download (685kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa
Prancis untuk siswa dengan menggunakan aplikasi animaker. Jenis penelitian ini
menggunakan model pengembangan (R&D) dari Sugiyono yang dibatasi
tahapannya. 5 tahapan yang digunakan, yaitu (1) identifikasi potensi dan masalah.
Untuk penelitian ini dilakukan analisis kebutuhan dengan menggunakan angket
yang ditujukan untuk siswa kelas X IPA 3 dan X IPA 4 SMA Negeri 1
Doloksanggul dan wawancara dengan guru, langkah ini dilakukan untuk
mengetahui kondisi pembelajaran di sekolah ini dan menentukan perlunya
pengembangan media video pembelajaran . (2) Pengumpulan data. Pada fase ini
juga dilakukan identifikasi kendala yang ada. Data dikumpulkan dari hasil
kuesioner analisis kebutuhan dan studi literatur dilakukan. (3) Desain produk.
Pada tahap ini, komik dirancang menggunakan aplikasi animaker. Fitur-fitur yang
terdapat dalam aplikasi cukup lengkap. Aplikasi ini gratis untuk digunakan, tetapi
Anda harus memiliki koneksi internet. (4) Validasi desain . validasi desain
Produk berupa media video pembelajaran yang dimodifikasi, dan divalidasi oleh
ahlinya. Proses validasi dilakukan oleh dua orang ahli yaitu: ahli materi dan ahli
media. Dan (5) review desain. Setelah mendapatkan saran ahli, desain produk
divalidasi, peneliti merevisi atau menyempurnakan produk berdasarkan hasil
penilaian yang diberikan oleh ahli media dan ahli materi untuk mencapai standar
yang layak. Materi yang digunakan adalah “ jam ”. Analisis data dengan
pendekatan kuantitatif deskriptif persentase. Hasil penelitian dan pengembangan
materi menggunakan aplikasi animaker ini dinyatakan layak dari segi materi
dengan tingkat kelayakan 85,7% dan dari segi media dengan tingkat kelayakan
80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa materi dan media
pembelajaran bahasa Prancis dengan aplikasi animaker yang dikembangkan
dengan tema tentang jam dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan
mendengar bahasa Prancis kepada siswa kelas X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | video pembelajaran; jam; media pembelajaran; Animaker |
Subjects: | P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Ricky Syahrizal |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 04:59 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64970 |