Hastina, Nina (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS IV SD NEGERI 104196 HAMPARAN PERAK T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313226 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
108313226 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
108313226 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
108313226 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
108313226 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
108313226 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
108313226 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
108313226 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
108313226 BAB I.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313226 BAB V.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
108313226 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 104196 pada pelajaran PKn”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar PKn siswa pada materi pokok sistem pemerintahan pusat mengenai wewenang dan tugas lembaga negara dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping di kelas IV SD Negeri 104196 Hamparan Perak. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104196 Hamparan Perak yang berlokasi di Desa Tandam Hulu II Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 27 orang dan objek penelitian ini adalah tindakan sebagai meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping . Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa. Adapun teknik analisis data dengan memakai analisis data persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal, sebelum diadakannya tindakan adalah sebanyak 13 orang (52%) tergolong kategori rendah motivasi belajarnya, 14 orang (48%) tergolong kategori sedang motivasi belajarnya dan yang tergolong tinggi motivasi belajarnya tidak tampak, pada siklus I setelah dilakukan tindakan, 27 orang (100%) tergolong sedang motivasi belajarnya dan yang tergolong rendah dan tinggi motivasi belajarnya tidak tampak. Sedangkan pada siklus ke II, tidak ada siswa yang motivasi belajarnya tergolong rendah, 6 orang (22%) tergolong sedang motivasi belajarnya dan 28 orang (78%) tergolong tinggi motivasi belajarnya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PKn materi pokok sistem pemerintahan pusat mengenai tugas dan wewenang lembaga negara. Hal ini berarti bahwa model pembelajran mind mapping dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran PKn.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Has m |
Keywords: | Motivasi Belajar Siswa; Pembelajaran Mind Mapping; PKn |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6497 |