Akbar, Qodrat Aidil (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D Modelling Menggunakan Aplikasi Assemblr Pada Materi Pengetahuan Logam Kelas X Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM. 5182121011 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM. 5182121011 COVER.pdf
Download (317kB)
![[thumbnail of 2. NIM. 5182121011 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM. 5182121011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 3. NIM. 5182121011 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM. 5182121011 ABSTRACT.pdf
Download (901kB)
![[thumbnail of 4. NIM. 5182121011 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM. 5182121011 PREFACE.pdf
Download (646kB)
![[thumbnail of 5. NIM. 5182121011 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM. 5182121011 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (853kB)
![[thumbnail of 6. NIM. 5182121011 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM. 5182121011 TABLES.pdf
Download (302kB)
![[thumbnail of 7. NIM. 5182121011 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM. 5182121011 ILLUSTRATION.pdf
Download (575kB)
![[thumbnail of 8. NIM.5182121011 APPENDICES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM.5182121011 APPENDICES.pdf
Download (302kB)
![[thumbnail of 9. NIM. 5182121011 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM. 5182121011 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 10. NIM. 5182121011 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM. 5182121011 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of 11. NIM. 5182121011 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM. 5182121011 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 12. NIM. 5182121011 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM. 5182121011 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
![[thumbnail of 13. NIM. 5182121011 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM. 5182121011 CHAPTER V.pdf
Download (624kB)
![[thumbnail of 14. NIM. 5182121011 BLIBIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM. 5182121011 BLIBIOGRAPHY.pdf
Download (949kB)
![[thumbnail of 15. NIM. 5182121011 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM. 5182121011 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (31MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis 3D modelling pada materi pengetahuan logam kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis 3D modelling yang dikembangkan. Dalam penelitian ini model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan yang dikembangkan oleh Branch (2009), yang terdiri dari 5 tahap yaitu; (1) Analysis (2) Desain (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu; (1) Hasil pengembangan media pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis 3D modelling untuk materi pengetahuan logam yang terdiri dari 6 bagian utama yaitu Materi Pembelajaran berbasis Objek 3 Dimensi atau 3D Modelling, CP dan ATP, Soal Evaluasi, Petunjuk Penggunaan, Informasi pengembang; (2) Hasil penilaian kelayakan yang dilakukan oleh validator ahli materi menunjukkan bahwa skor rata rata yang didapat berjumlah 4,13 dari skor maksimal 5,00 dengan kategori “Layak” dan penilaian kelayakan, validator ahli media menunjukkan bahwa skor rata rata yang didapat berjumlah 4,08 dari nilai skor maksimal 5,00 dengan kateogri “Layak”, dan validator ahli desain media pembelajaran menunjukkan bahwa skor rata-rata yang didapat berjumlah 4,35 dari nilai skor maksimal 5,00 dengan kateogri “sangat layak”, serta rerata skor yang diperoleh dari uji satu per satu berjumlah 4,64 dari skor maksimal 5,00 dengan kategori “Akseptansi Sangat Tinggi”, uji skala kecil mendapatkan nilai rata rata skor 4,58 dari skor maksimal 5,00 dengan kategori “Akseptansi Sangat Tinggi”, dan uji coba skala besar mendapatkan nilai rata rata skor 4,57 dari skor maksimal 5,00 dengan kategori “Akseptansi Sangat Tinggi”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | 3D Modelling; Media Pembelajaran; Kelayakan Media; Pengetahuan Logam; Penelitian dan Pengembangan |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:21 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64930 |