Ihsani, Syarah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS XI SMA SWASTA AL-ULUM MEDAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203311034_Cover.pdf
Download (243kB)
2203311034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2203311034_Kata_Pengantar.pdf
Download (152kB)
2203311034_Abstrak.pdf
Download (125kB)
2203311034_Daftar_Isi.pdf
Download (152kB)
2203311034_Daftar_Tabel.pdf
Download (85kB)
2203311034_Daftar_Gambar.pdf
Download (59kB)
2203311034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (59kB)
2203311034_BAB_I.pdf
Download (344kB)
2203311034_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (601kB)
2203311034_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (499kB)
2203311034_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (565kB)
2203311034_BAB_V.pdf
Download (173kB)
2203311034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (204kB)
2203311034_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Swasta Al-Ulum tahun pembelajaran 2024/2025. Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif adalah rancangan penelitian yang menggambarkan variabel penelitian dalam bentuk angka-angka atau statistik yang diperoleh dari hasil tes tertulis. Angka atau statistik tersebut merupakan gambaran kemampuan siswa kelas XI SMA Swasta Al-Ulum dalam menulis teks eksplanasi. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Al-Ulum, yang terdiri atas 1 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berisi tes yang digunakan untuk memperoleh data kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Data yang terkumpul dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMA Swasta Al-Ulum memperoleh nilai rata-rata predikat baik. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian menulis teks eksplanasi yang diberikan saat sebelum dan sesudah diberikan model. Hasil uji pre-tes ditemukan bahwa rata-rata skor kemampuan menulis siswa diperoleh nilai tertinggi = 75, nilai terendah = 49, dengan nilai rata-rata (M) = 60,72, kemudian jumlah Standart Deviasi (SD) = 9,48, yang mengindikasikan bahwa skor yang diperoleh siswa sangat beragam dan rata-rata dalam kategori rendah. Hasil post-test pada siswa diperoleh nilai tertinggi = 89, nilai terendah =73, dengan rata-rata (M) = 81,13,
dan Standart Deviasi (SD) = 4,89, sehingga dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks eskplanasi. Maka penulis menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI
SMA Swasta Al-Ulum Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | menulis, teks eksplanasi, two stay two stray |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:14 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 06:56 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64926 |
