Hubungan Antara Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI SMK Negeri 2 Medan

Gultom, Hendra Harapan (2022) Hubungan Antara Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 5171121007 COVER.pdf] Text
1. 5171121007 COVER.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 3. 5171121007 Lembar Pengesahan skripsi.pdf] Text
3. 5171121007 Lembar Pengesahan skripsi.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of 5. 5171121007 ABSTRAK.pdf] Text
5. 5171121007 ABSTRAK.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of 6. 5171121007 KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. 5171121007 KATA PENGANTAR.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of 7. 5171121007 DAFTAR ISI.pdf] Text
7. 5171121007 DAFTAR ISI.pdf

Download (732kB)
[thumbnail of 8. 5171121007 DAFTAR TABEL.pdf] Text
8. 5171121007 DAFTAR TABEL.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 9. 5171121007 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
9. 5171121007 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 10. 5171121007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10. 5171121007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 11. 5171121007 BAB I.pdf] Text
11. 5171121007 BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 12. 5171121007 BAB II.pdf] Text
12. 5171121007 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 13. 5171121007 BAB III.pdf] Text
13. 5171121007 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 14. 5171121007 BAB IV.pdf] Text
14. 5171121007 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 15. 5171121007 BAB V.pdf] Text
15. 5171121007 BAB V.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of 16. 5171121007 DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
16. 5171121007 DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (941kB)
[thumbnail of 17. 5171121007 LAMPIRAN.pdf] Text
17. 5171121007 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar hubungan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut kelas XI SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, menggunakan instrumen angket model Likert dan dokumentasi hasil belajar. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan Koefisien Kesepakatan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan koefisien korelasi Product Moment, Korelasi Parsial, dan Korelasi Ganda dengan bantuan program SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut kelas XI SMK Negeri 2 Medan. Dengan persamaan regresi Yˆ = 65,033 + 0,151 X1, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,351; (2) terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut kelas XI SMK Negeri 2 Medan. Dengan persamaan regresi Yˆ = 65,704+ 0,157 X2, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,329; (3) terdapat hubungan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar teknik pemesinan bubut siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan. Dengan persamaan regresi Y ˆ = 53,137+ 0,133X1 + 0,135X2, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar (R = 0,449). Hasil analisis regresi tersebut adalah sebagai berikut : Fh = 9,732 harga Ft = 3,115 pada taraf signifikan 5%, sehingga Fh > Ft (9,732> 3,115). Dengan demikian variabel fasilitas belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar mata pelajaran teori teknik pemesinan bubut memiliki hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Fasiltas Belajar; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:36
Last Modified: 07 Aug 2025 02:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64919

Actions (login required)

View Item
View Item