PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PADA TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMPTRI JAYA

Br Ginting, Sherly Anggreni Hasari (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PADA TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMPTRI JAYA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203311020_Cover.pdf] Text
2203311020_Cover.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 2203311020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203311020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (924kB)
[thumbnail of 2203311020_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203311020_Kata_Pengantar.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 2203311020_Abstrak.pdf] Text
2203311020_Abstrak.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 2203311020_Daftar_Isi.pdf] Text
2203311020_Daftar_Isi.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 2203311020_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203311020_Daftar_Tabel.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 2203311020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203311020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2203311020_BAB_I.pdf] Text
2203311020_BAB_I.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 2203311020_BAB_II.pdf] Text
2203311020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[thumbnail of 2203311020_BAB_III.pdf] Text
2203311020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[thumbnail of 2203311020_BAB_IV.pdf] Text
2203311020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2203311020_BAB_V.pdf] Text
2203311020_BAB_V.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 2203311020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203311020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 2203311020_Lampiran.pdf] Text
2203311020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi pada teks ulasan kelas VIII SMP Tri Jaya. Siswa kelas VIII SMP Tria Jaya yang berjumlah 105 siswa menjadi populasi dalam penelitian ini, sedangkan sampel yang digunakan yakni sebanyak 70 siswa yakni yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Quasy Eksperimental Design ialah
desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yang terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen. Instrument penelitian yang digunakan yakni penilaian mengidentifikasi informasi dalam teks ulasan yang terdiri dari dua aspek:
pertama, struktur mencakup identitas karya, orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Kedua, kaidah kebahasaan teks ulasan yang mencakup kata persuasif, kata kerja mental, kata teknis, kejelasan argumentasi, dan kata rujukan. Teknik
pengumpulan data tediri dari tes yang diberikan kepada peserta didik dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari uji prasyarat analisis mencakup uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah itu dilakukan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata mengidentifikasi informasi teks ulasan pada kelas eksperimen lebih tinggi yakni sebesar 80,14, dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas control yakni sebesar 60,43. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah baik digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dalam teks ulasan karena mendorong siswa untuk berpikir kritis, sehingga mampu membantu siswa dalam mengidentifikasi
informasi pada teks ulasan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis Thitung>Ttabel 4,51>1,99647, yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran, PBL, Teks Ulasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:31
Last Modified: 07 Aug 2025 07:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64918

Actions (login required)

View Item
View Item