Manurung, Perdana Gemilang (2025) PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS RESENSI BERBANTUAN MEDIA VLOGNOW PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA METHODIST-12 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203111059_Cover.pdf
Download (197kB)
2203111059_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2203111059_Kata_Pengantar.pdf
Download (135kB)
2203111059_Abstrak.pdf
Download (102kB)
2203111059_Daftar_Isi.pdf
Download (108kB)
2203111059_Daftar_Tabel.pdf
Download (71kB)
2203111059_Daftar_Gambar.pdf
Download (73kB)
2203111059_Daftar_Lampiran.pdf
Download (69kB)
2203111059_BAB_I.pdf
Download (375kB)
2203111059_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (951kB)
2203111059_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (522kB)
2203111059_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
2203111059_BAB_V.pdf
Download (151kB)
2203111059_Daftar_Pustaka.pdf
Download (187kB)
2203111059_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna mengembangkan materi ajar teks resensi menggunakan media VlogNow kelas XI SMA. Materi ajar ini diinginkan dapat menolong peserta didik untul mengikuti aktivitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan (RnD) yang memakai prosedur penelitian Borg and Gall. Produk yang dikembangkan dari penelitian ini ialah materi ajar teks resensi berupa video pembelajaran menggunakan media VlogNow kelas XI SMA. Subjek penelitian pengembangan ini di antaranya adalah validator
ahli materi, validator ahli media, pendidik bidang studi, dan peserta didik kelas XI SMA Swasta Methodist-12 Medan. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan ialah penyebaran angket analisis kebutuhan, wawancara terstruktur dengan guru
mata pelajaran, dan validasi kelayakan terhadap produk yang dikembangkan. Instrumen penelitian yang dipakai yakni angket analisis kebutuhan peserta didik, validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil penelitian ini menampilkan bahwa produk yang dikembangkan telah dalam kualifikasi sangat baik dengan skor dari validator ahli materi sejumlah 92% dan validator ahli media sejumlah 83%. Diperoleh rerata skor sejumlah 87,5% sehingga bisa disimpulkan produk dalam penelitian ini sangat layak untuk dipakai oleh peserta didik pada pengajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan, materi ajar, teks resensi, vlognow |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:32 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 02:05 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64889 |
