Armayana, Rika (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 101783 SAENTIS T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313286 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
108313286 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
108313286 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
108313286 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
108313286 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
108313286 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
108313286 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
108313286 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika mengubah pecahan kebentuk desimal dan persen di kelas V SD Negeri 101783 Saentis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.Adapun masalah yang terjadi dalam penelitian ini adalah a) nilai hasil belajar siswa pada materi mengubah pecahan masih rendah, b) Sebagian siswa bersikap pasif, c) siswa belum memahami konsep bilangan desimal dan persen, d) Pendekatan pembelajaran yang digunakan bersifat konvensional, e) metode mengajar yang digunakan guru kurang tepat.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101783 Saentis tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 orang siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar matematika mengubah pecahan kebentuk desimal dan persen di kelas V SD Negeri 101783 Saentis.Desain dalam penelitian tindakan kelas (classrom Action Research) ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart dengan 2 siklus setiap siklus mempunyai 4 tahap yaitu : 1) Perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan.Alat yang digunakan dalam pengumpulan adalah observasi dan tes, tes yang diberikan sebanyak 10 soal berbentuk test essay. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemberian tindakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siklus I dan siklus II diperoleh tingkat rata-rata siswa pada tes awal 50,33 dengan ketuntasan 16,67%, pada sikuls I diperoleh nilai rata-rata 63,83 dengan ketuntasan 56,67% menjadi meningkat. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,70 dengan ketuntasan 90,00% menjadi meningkat.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) siswa termotivasi karena siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa yang diharapkan dapat meningkat.Dengan demikian pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengubah pecahan kebentuk desimal dan persen di kelas V SD Negeri tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Arm p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif tipe STAD; Hasil Belajar Siswa; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2016 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6488 |