Sibarani, Tania Maulana (2023) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA MEDAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 7173144032 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 7173144032 COVER.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 2. NIM 7173144032 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 7173144032 APPROVAL SHEET.pdf
Download (402kB)
![[thumbnail of 3. NIM 7173144032 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 7173144032 ABSTRACT.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of 4. NIM 7173144032 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 7173144032 PREFACE.pdf
Download (240kB)
![[thumbnail of 5. NIM 7173144032 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 7173144032 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of 6. NIM 7173144032 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 7173144032 TABLES.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 7. NIM 7173144032 ILLUSTRATION.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 7173144032 ILLUSTRATION.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 8. NIM 7173144032 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 7173144032 CHAPTER I.pdf
Download (493kB)
![[thumbnail of 9. NIM 7173144032 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 7173144032 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (995kB)
![[thumbnail of 10. NIM 7173144032 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 7173144032 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (815kB)
![[thumbnail of 11. NIM 7173144032 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 7173144032 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 12. NIM 7173144032 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 7173144032 CHAPTER V.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 13. NIM 7173144032 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 7173144032 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (216kB)
![[thumbnail of 14. NIM 7173144032 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 7173144032 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kesiapan belajar siswa, kurangnya pemahaman dan persiapan siswa dalam menghadapi materi pelajaran, rendahnya minat belajar siswa serta masih ada hasil belajar siswa yang tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kesiapan Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Swasta PAB 2 Helvetia Medan T.P 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X OTKP di SMK Swasta PAB 2 Helvetia Medan yang beralamat di Jalan Veteran, Helvetia, Labuhan Deli, Tj. Gusta, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X OTKP SMK Swasta PAB 2 Helvetia Medan yang berjumah 144 siswa. Sampel penelitian ini adalah 59 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Multikolinearitas, Uji Regresi Linear Berganda, Pengujian Hipotesis Parsial (Uji t), Uji Hipotesis Simultan (Uji F) dan Uji Koefisien Determinasi (Uji R2). Hasil regresi linear berganda adalah Y = 48,645 + 0,250X1 + 0,203X2. Hasil Uji t variabel X1 diperoleh nilai thitung > ttabel (3,223 > 1,672) dan variabel X2 diperoleh nilai thitung > ttabel (2,171 > 1,672). Hasil Uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (7,822 > 3,16). Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,523 atau 52,3% variabel X mempengaruhi variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara Kesiapan Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Swasta PAB 2 Helvetia Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesiapan Belajar, Minat Belajar dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:04 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64876 |