Purba, Loudwig Agustinus (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK BERBANTUAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 9 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.
2203111027_Cover.pdf
Download (194kB)
2203111027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
2203111027_Kata_Pengantar.pdf
Download (138kB)
2203111027_Abstrak.pdf
Download (107kB)
2203111027_Daftar_Isi.pdf
Download (111kB)
2203111027_Daftar_Tabel.pdf
Download (68kB)
2203111027_Daftar_Gambar.pdf
Download (72kB)
2203111027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (70kB)
2203111027_BAB_I.pdf
Download (357kB)
2203111027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (880kB)
2203111027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (990kB)
2203111027_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
2203111027_BAB_V.pdf
Download (162kB)
2203111027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (205kB)
2203111027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (855kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pengembangan bahan ajar Cerita Pendek berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook, menganalisis bentuk produk pengembangan bahan ajar Cerita Pendek berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook dan menganalisis kelayakan bahan ajar Cerita Pendek berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook pada siswa kelas IX Negeri 9 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2024/2025. Metodologi penelitian pada penelitian pengembangan ini menggunakan metode Borg and Gall dengan enam tahapan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan ruang lingkup peneliti. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan sampel yang diambil yaitu berjumlah 32 siswa dari populasi keseluruhan kelas IX
SMP Negeri 9 Pematangsiantar yaitu 256 siswa T.A 2023/2024. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini
mengembangkan bahan ajar teks cerita pendek berbantuan aplikasi Kvisoft Flipbook serta menganalisis proses pengembangannya pada siswa kelas IX SMP Negeri 9 pematangsiantar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki struktur yang sistematis, interaktif, dan dilengkapi dengan elemen multimedia seperti teks, gambar, audio, dan video untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan media, bahan ajar ini memperoleh tingkat kelayakan sebesar 97,5% dari ahli materi dan 100% dari ahli media, yang menunjukkan bahwa produk ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran teks cerita pendek.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, Teks Cerita Pendek dan Aplikasi Kvisoft Flipbook |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:09 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 03:00 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/64873 |
