MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM POSING DI KELAS IV SD NEGERI NO 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

Pohan, Lia Munawwaroh (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM POSING DI KELAS IV SD NEGERI NO 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 108313182 COVER.pdf]
Preview
Text
108313182 COVER.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 108313182 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
108313182 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 108313182 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
108313182 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 108313182 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
108313182 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 108313182 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
108313182 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 108313182 BAB I.pdf]
Preview
Text
108313182 BAB I.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 108313182 BAB V.pdf]
Preview
Text
108313182 BAB V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 108313182 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
108313182 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berhitungpada Matematika di kelas IV SD N 101767 Tembung melalui penerapan metodeproblem posing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitungsiswa pada pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan dan penguranganbilangan bulat.Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD N 101767 Tembung yang berlokasidi Kec Percut Sei Tuan yang berjumlah 37 orang siswa. Penentuan subjek penelitiandiperoleh berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Sedangkanobjeknya adalah penerapan metode problem posing, Instrumen penelitian yangdigunakan adalah berupa tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 3x tes yangmasing-masing terdir i dari 20 buah soal dan observasi. Penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilkukandua kali pertemuan dan masing – masing pertemuan selama 35 menit.Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa diukur dengan alattes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanyapeningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penjumlahan danpengurangna bilangan bulat, mulai dari hasil tes awal hanya 4 orang siswa yangmemperoleh nilai > 65 dengan tingkat ketuntasan 10,8 % dengan rata-rata 51,5 darijumlah siswa 37 orang kemudian meningkat pada siklus I menjadi 18 orang dengantingkat ketuntasan 48,68% dengan rata-rata 64,2, dan pada siklus II meningkat menjadi34 siswa dengan tingkat ketuntasan 91,8% dengan rata-rata 84,86.Dengan hasil yang diperoleh dari 37 orang siswa dapat dilihat bahwa setelahdilakukanya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan kemampuan berhitung. Inidapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode problem posing dapatmeningkatkan kemampuan berhitung siswa pada pelajaran Matematika pokok bahasanPenjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas IV SD N 101767 TembungKec. Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Poh m
Keywords: Kemampuan Berhitung; Matematika; Metode Problem Posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 22 Jul 2016 08:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6484

Actions (login required)

View Item
View Item